Organisatoris Brilian nan Kreatif

MANADO-Nama Briliant Charles sangat familiar di kalangan aktivis pemuda Sulut, bahkan aktivis nasional. Betapa tidak, ia beberapa kali turun di jalan memimpin demonstrasi menyuarakan berbagai permasalahan yang dialami masyarakat. Orasinya kerap memerahkan kuping pengambil kebijakan karena disampaikan disertai data , fakta dan analisis ilmiah.

Kala harga BBM membubung tinggi dan nilai rupiah anjlok, alumnus Fakultas Ekonomi ini bersama perwakilan pemuda dan mahasiswa se-Indonesia berunjukrasa di Bundaran Hotel Indonesia.  Aksi itu berlanjut sampai di DPR RI dan istana negara. Ian, sapaan akrab aktivis dengan background pengusaha ini menjadi satu dari 10 demonstran yang kemudian diundang untuk berdialog dengan pimpinan DPR RI dan Presiden Jokowi.

Sayang kesempatan itu dilewatkannya karena bersamaan waktu dengan acara kelompok Cipayung. Dia hanya menitipkan pokok-pokok pikiran  kepada rekan-rekannya untuk diutarakan kepada pengambil kebijakan di negara ini.

“Ia matang dengan perencanaan, agenda setting, konseptor, orator dan selalu digarda terdepan memperjuangkan ketidakadilan. Lebih dari itu, Ian organisatoris brilian yang memiliki tanggung jawab untuk membangun negeri melalui pemikiran kritis dan aksi nyata. Pemuda cerdas dari Sulut ini merupakan kebanggaan negeri dan doa kami semoga kelak jadi pemimpin bangsa,” ujar Richard Simbolon, aktivis pemuda dari Medan tentang sosok pemilik dua SPBU di Sulut itu.

“Ia juga kreatif, inovatif dan enerjik. Selalu ada ide-ide orisinil yang muncul jika berdiskusi dengannya. Ia pun setia kawan dan punya jejaring yang luas. Sahabat saya ini figur pemimpin muda yang baik,” timpal Imanuel Tular MSi, Mantan Ketua DPP PMKRI yang kini jadi Staf Ahli Badan Legislatif DPR RI.

Ian memang salah satu organisatoris jempolan nan brilian. Karang Taruna Manado menjadi organisasi yang diperhitungkan dan paling aktif karena kepemimpinannya. Pria low profile ini yang menggagas Gerakan Pemuda Cerdas di semua kecamatan, bahkan sampai tingkat kelurahan, menggelar pelatihan kewirausahawan buat pemuda , pelajar dan mahasiswa  secara rutin dan membuat serangkaian iven demi terus membantu pemerintah mempromosikan Manado supaya makin mendunia. “Karang Taruna merupakan organisasi paling aktif di Manado, ini fakta,” ucap Jelly Wensy Siwi, Sekretaris Sulut Press Club (SPC) saat memberikan penghargaan pemuda paling kreatif kepada pria asal Minsel itu.

Ian sesunggunya sudah terasa dan terlatih saat menjadi pimpinan senat mahasiswa dan GMKI Manado. “Saya bersyukur pernah merasakan bimbingan dan tempaan senior-senior di GMKI. Banyak hal yang diajarkan dan semuanya bermanfaat,” ungkap Ian.

Boleh jadi karena didikan dan tempaan selama mahasiswa, Ia jadi mahir mengorganisir acara dan berbagai kegiatan. Tak heran pula, selain Karang Taruna,  beberapa organisasi kepemudaan dan organisasi profesi mendapuk  dia menjadi ketua. Ia bahkan sempat menjadi Pelaksana Tugas (PLt) Ketua Golkar Minsel.  “Melalui organisasi saya bisa menyalurkan ide-ide saya, bisa menimba ilmu dari banyak sahabat dan senior serta bertemu banyak orang. Melalui organisasi pula kita bisa menyampaikan dan menyalurkan aspirasi kepada pemangku kepentingan. Libido berorganisasi harus terus dipupuk karena memberi banyak faedah,” kata pimpinan Pemuda Katolik Sulut ini.

Eksis di dunia organisasi, suami Beatrix Michelle ini juga mulai menapak keberhasilan di dunia usaha. Selain mengelola dua SPBU,  ayah dua anak ini mulai mengembangkan kepak sayap bisnisnya dengan usaha-usaha lainnya. “Ini sebagai bentuk tanggung jawab saya buat istri dan anak-anak. Saya bersyukur karena keluarga memberikan dorongan penuh untuk semua usaha yang saya lakukan. Tentu ini juga tak lepas dari  kemurahan dan kebaikan Tuhan,” ujarnya.  (ib/adm/gen)

Tentang Ian

Nama                         : Briant Charles SE, MM

Pekerjaan                : Direktur PT Berkat Indah Samudera

TTL                              : Manado 14 April 1983

Istri                            : Beatrix Michelle

Idola                          : Paus Yohanes II

Author: redaksi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.