Laporan Pansus LKPJ Walikota 2017, DPRD Manado Gelar Rapat Paripurna

LIPUTAN KHUSUS)

MANADO– DPRD Kota Manado menggelar rapat paripurna, Senin (14/5/2018). Rapat paripurna yang dipimpin trio pimpinan DPRD Manado yakni Noortje Van Bone, Danny Sondakh dan Richard Sualang ini digelar dalam rangka mendengarkan laporan atau rekomendasi Panitia Khusus (Pansus) Laporan Keterangan Pertanggung Jawaban (LKPJ) Walikota Manado  tahun anggaran 2017.

Wali Kota Manado Vicky Lumentut, unsur Forkopimdan dan sejumlah pejabat teras Pemkot Manado, termasuk camat dan lurah juga hadir.

Penandatangan berita acara oleh Ketua DPRD Manado Noortje Van Bone (foto: ist)

Dalam pembukaan paripurna tersebut, Ketua DPRD menyampaikan ucapan dukacita mendalam dari pemerintah, DPRD dan seluruh rakyat Manado, atas musibah dan aksi teror bom di Kota Surabaya dan wilayah lainnya di Indonesia, juga menyampaikan selamat hari Kenaikan Yesus Kristus ke sorga.

Dalam kesempatan itu, Van Bone menyampaikan bahwa pemerintah, DPRD, TNI tiga angkata dan Polri serta masyarakat Manado menolak segala bentuk aksi teror yang dilakukan oknum tak bertanggungjawab dan tidak menerima terorisme dan radikalisme di Indonesia dan Manado khususnya.

Penandatanganan oleh Wakil Ketua DPRD Manado Danny Sondakh (foto: ist)

Sementara ketua Pansus Benny Parasan, SH yang diberikan kesempatan menyampaikan apa saja rekomendasi yang dihasilkan dalam pembahasan LKPJ wali kota 2017.

“Kami memberikan rekomendasi kepada pemerintah untuk dijadikan sebagai acuan dalam melakukan perbaikan terhadap penyelenggaraan pemerintahan pada tahun ini,” kata Ketua Pansus, Benny Parasan.

Penandsatanganan berita oleh Wakil Ketua DPRD Manado Richard Sualang (foto: ist)

Politisi Gerindra ini mengatakan, rekomendasi yang diterbitkan tersebut, untuk urusan pendidikan adalah yang berkaitan dengan masalah UNBK, minta agar pemerintah melalui perangkat daerah terkait menyiapkan sarana dan prasarana yang dibutuhkan, seperti laptop, pc dan server supaya dioptimalkan.

“Kami juga merekomendasikan agar beasiswa miskin disalurkan secara benar baik strata satu sampai tiga dengan pembagian yang merata di semua kecamatan, kelurahan dan lingkungan,” katanya.

Penyerahan hasil rekomendasi oleh Ketua DPRD Manado Noortje Van Bone kepada Wali Kota Vicky Lumentut (foto: ist)

Kemudian urusan kesehatan, kata Parasan, Pansus merekomendasikan agar dinas terkait agar makin inovatif dan transparan dalam pengadaan barang dan jasa, apalagi sudah ada juklak dalam pelaksanaannya jadi pasti lebih mudah.

Parasan mengatakan, pihaknya menyoroti pemanfaatan DAK dan dana pembantuan yang dalam pemanfaatannya tidak maksimal, sehingga pembangunan sejumlah Puskesmas dengan anggaran besar tidak sesuai dengan harapan.

Mengenai urusan keamanan, Pansus minta Sat Pol makin meningkatkan kerja sama dengan TNI dan Polri untuk menjaga keamanan dan kenyamanan Manado, termasuk meningkatkan dan mengaktifkan siskamling kembali, serta mendorong penambahan dana bagi dinas pemadam kebakaran dan minta pemerintah menyediakan anggaran utuk pelaksanaan program pembangunan berbasis lingkungan.

Para wakil rakyat mengikuti rapat dengan serius (foto: ist)

“Kami juga merekomendasikan agar pemerintah makin meningkatkan SDM di bidang komunikasi dan informatika, karena banyaknya penghargaan yang diterima dalam bidang tersebut tahun lalu,” katanya.

Sementara Wali Kota Manado, Vicky Lumentut, menyampaikan terima kasih dan penghargaan yang tinggi kepada Pansus LKPJ yang sudah menyampaikan rekomendasi untuk memperbaiki penyelenggaraan pemerintahan di 2018.

“Semua masukan yang disampaikan akan kami lakukan, agar bisa memperbaiki kerja di tahun ini sekaligus sebagai bahan acuan untuk meningkatkan program pelayanan masyarakat,” katanya.

Dalam kesempatan itu, dilakukan penandatanganan persetujuan keputusan DPRD Manado terhadap laporan Pansus LKPJ Walikota Manado tahun 2017 yang dilakukan pimpinan DPRD dan Walikota Manado disaksikan Ketua dan anggota Pansus serta Wawali Manado. (stanley suprapto)

 

Author: redaksi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.