Warga Manado Dorong Jacko Maju Pilcaleg 2019

MANADO-Pengusaha dan politisi muda, Jackson Andrew Kumaat ternyata sangat familiar dan dicintai warga Manado. Kecintaan itu tergambar dari aspirasi yang begitu kencang dihembuskan masyarakat di ibukota Provinsi Sulut tersebut.

Mereka ingin pria yang akrab disapa Jacko ini maju dari daerah pemilihan (Dapil) Manado pada Pemilihan Calon Legislatif (2019).  “Hampir semua orang Manado mengenal Jacko. Ia populer karena kiprahnya mengedukasi masyarakat, peduli pada kaum termarjinalkan dan upayanya mempromosikan Manado dan Sulut ke berbagai daerah dan negara.  Kami berharap Jacko maju dari Dapil Manado untuk DPRD Provinsi atau Deprov Sulut di Pilcaleg 2019,” kata Ketua Gerakan Pembaharu Manado (GPM) Vano Manopo kepada wartawan di Manado, Kamis (24/5/2018).

Vano dan segenap anggota GPM siap all-out  berjuang untuk mengantar Ketua DPD Hanura Sulut ini ke rumah rakyat Sulut di bilangan Kairagi Manado. “Yang penting Jacko mau, kami akan bergerak ke semua kecamatan,”  ujar pelatih karate tenaga dalam ini.

Harapan agar Jacko mewakili  warga Manado di Deprov Sulut juga disampaikan kalangan pelajar dan mahasiswa.  “Kak Jacko cerdas dan visioner. Kami beberapa kali berdiksusi dengannya, jadi tahu kapasitasnya. Mengingat letak Manado di bibir pasifik, maka figur cerdas seperti Kak Jacko itu yang tepat jadi representasi warga Manado di Deprov Sulut,” ujar Alyoysius Hernikus, mahasiswa pada salah satu perguruan tinggi di Manado.

Sokongan terhadap Ketua KNPI Sulut dua periode ini juga datang dari aktivis pemuda dan kalangan profesional.  “Parlemen akan kuat kalau wakil rakyat di sana punya kapasitas. Dari sekian nama, kami merekomendasikan Jacko untuk Deprov Sulut. Ia sosok ideal di mata kami mengemban amanah mulia itu,” kata aktivis pemuda Felix Lasut.

Kalangan lanjut usia (Lansia) tak ketinggalan menyampaikan dukungannya. “Jacko baik, suka menolong kami. Torang berdua dan siap mendukung dia maju,” kata Oma Grace.

Suara arus bawah yang kencang tersebut  kemungkinan membuat Jacko turun gunung. Pada Pilcaleg 2014 lalu, mantan Ketua Asprov PSSI Sulut ini bertarung dengan sejumlah  politisi lawas untuk kursi DPR RI.  Ketika itu, Jacko untuk Manado saja meraih 20 ribu lebih suara.

“Aspirasi yang deras dari warga Manado, pasti menjadi pertimbangan Bung Jacko. Satu yang pasti dia tak akan mengecewakan masyarakat,” kata Rivo Sandehang, Wakil Ketua DPD Hanura Sulut. (*/ymn)

Author: redaksi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.