Diklat Pim IV BKD Kota Bitung,Dandim Kusnandar Berikan Materi Wasbang Bela Negara dan Pancasila

Bitung,Golden News – Komandan Komando Distrik Militer 1310/Bitung Letkol Inf Kusnandar Hidayat, S.Sos, memberikan materi kepada peserta Pendidikan dan Latihan Kepemimpinan Tingkat IV bertempat di Aula Makodim 1310/Bitung,Kamis ( 31/5/2018).

Peserta Diklat yang berjumlah 38 orang dibawah pimpinan/pengajar Ibu Widya Iswara dari Badan Kepegawaian dan Pelatihan Daerah Kota Bitung, menerima materi tentang Wawasan Kebangsaan (Wasbang), Mempertahankan Ideologi Pancasila Melalui Bela Negara untuk Menjaga Keutuhan NKRI.

Dandim 1310/Btg Letkol Inf Kusnandar Hidayat S.Sos dalam pengarahannya menyampaikan kepada seluruh peserta Diklat bahwa semua adalah agen-agen perubahan yang harusĀ  mengisi diri untuk berjuang dengan cara jauhkan diri dari hal-hal Negatif.

“Bukan hanya TNI ataupun POLRI, akan tetapi dari setiap kalangan masyarakat, Toga, Tomas, Topem, dan Todat dapat membantu untuk meminimalisir segala kemungkinan yang mengganggu stabilitas keamanan di bangsa dan negara kita ini,”Ungkap Dandim.

Ditambahkannya lagi bahwa bela negara merupakan hak dan kewajiban setiap warga negara Republik Indonesia sesuai dengan pasal 27 ayat 3 UUD 1945, sedangkan pasal 30 UUD 1945 menyebutkan bahwa tiap-tiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam usaha pembelaan negara, ini artinya bela negara adalah merupakan peran dari seluruh warga negara Indonesia apapun profesinya dan kedudukannya.

Letkol Inf Kusnandar Hidayat, S.Sos mengajak semua peserta Diklat untuk merawat dan mengamalkan Pancasila,meletakkan dalam konteks benar serta menata kembali kerangka kehidupan negara yang sehat agar bangsa Indonesia terus tumbuh baik dan kokoh.

“Negara dan bangsa ini adalah negara dan bangsa kita sendiri” ajak Dandim.(Rey)

Author: redaksi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.