Bau Menyengat, Warga Harap Silaoms-Aryaduta Benahi Sistem Pembuangan Limbah

MANADO-Sejumlah kalangan mempertanyakan  sistem pembuangan limbah di Rumah Sakit (RS) Siloams dan Hotel Aryaduta. Pasalnya, warga kerap  mencium bau menyengat manakala melintas melintas di area RS Siloams dan parkiran bawah Hotel Aryaduta.

Merasa terganggu, masyarakat berharap dua anak perusahaan Lippo Group itu membenahi sistem pembuangan limbah mereka.

“Di samping Siloams, persisnya yang di sebelah it, aroma ‘busuk’ tersebut kerap tercium. Beruntung sekarang sudah dipasang paving di situ sehingga bau itu  mereda,” kata Aryodi, mahasiswa pada salah satu perguruan tinggi di M/anado, Selasa (4/6/2018).

“Sesekali bau itu menusuk kala melewati parkiran bawah Aryaduta. Kami harap ini menjadi perhatian manajemen Siloams dan Aryaduta,” timpal Reni, mahasiswi lainnya.

Keluhan masyarakat soal bau menyengat dan pembuangan limbah RS Siloams dan Hotel Aryaduta sebenarnya sudah pernah dikritisi sejumlah aktivis LSM. Bahkan tak hanya pembuangan limbah, para aktivis juga menyorot areal parkiran yang sempit.

“Kami menduga kalau sistem pembuangan limbah Aryaduta dan Siloams tak sesuai standar. Instansi terkait perlu menyikapi  hal ini karena berkaitan dengan orang banyak,” ujar Jefrey Sorongan dari PAMI Perjuangan beberapa bulan lalu.

Apa tanggapan pihak Siloams-Aryaduta soal ini? Salah satu perwakilan Siloam-Aryaduta mengatakan sistem pembuangan limbah sudah sesuai ketentuan.”Kami juga terus melakukan perbaikan, terakhir ini dengan melakukan paving di samping area Siloams sehingga bau itu tak lagi menyengat,” kata sumber yang enggan dipublish namanya ini. (*/ymn)

Author: redaksi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.