Pimpin Rapat Relokasi Waruga Kuwil,Edison Humiang Sesalkan Pemkab Minut Tidak Ada Yang Hadir

MINUT,Golden News – Guna menindaklanjuti penyempurnaan relokasi Waruga Kinaangkoan dan Pinandeian Kawangkoan-Kuwil, bertempat di Kantor PT Nindyakarya Proyek Waduk Kuil Desa Kawangkoan Kecamatan Kalawat Minut, Pemerintah Propinsi Sulawesi Utara melalui Asisten I Bidang Pemerintahan Kesra Drs Edison Humiang didampingi Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Propinsi Sulawesi Utara Ferry Sangian,gelar rapat bersama dengan perwakilan Ormas Adat Minahasa,Sabtu (28/7/2018).

Mewakili Gubernur Sulut, Olly Dondokambey SE, Edison Humiang membuka dialog dengan tujuan mencari kesepakatan demi masa depan waruga-waruga itu.

Selaku narator dalam pertemuan tersebut, Pemprov Sulut jadi orang tua asuh dalam gerakan relokasi Waduk Kinaangkoan dan Pinandeian.

“Sesuai amanah Pak Gubernur, seluruh jajaran pemerintah terkait dan perusahaan pelaksana pembangunan proyek Waduk Kawangkoan-Kuwil, harus berkordinasi, dan beliau juga mengingatkan agar memberdayakan para sesepuh ormas adat, agar relokasi tidak menemuikesulitan dan kekeliruan,” katanya.

Dikatakan Humiang,Pemprov Sulut merasa sangat kecewa dikarenakan Pemerintah Kabupaten Minahasa Utara dalam hal ini Bupati maupun Sekertaris Daerah dan Dinas terkait selaku tuan rumah tempat diadakan pertemuan,tidak ada satupun yang hadir.

“Nomor hp Sekda tidak aktif, Kadis Pariwisata ada diluar daerah, jadi tak heran kalau pembahasan relokasi ini bisa berjalan dengan baik,” sesal Humiang.

Lanjutnya,“Semua saran dan usul akan kami rangkum, namun biar saya tunjuk secara bergantian agar tidak terjadi mis komunikasi dalam pertemuan ini. Yang pasti tujuan kita adalah ingin berbuat yang terbaik untuk cagar budaya dan adat Waruga di Tanah Kawangkoan-Kuwil ini,” ujar Humiang.

Turut hadir dalam pertemuan tersebut,Asisten Satu (1) Bidang Pemerintahan Kesra, Drs Edison Humiang, didampingi Kadisparbud Provinsi Sulut Ferry Sangian dan Sekretaris Jendry Sualang, Sekcam Kalawat,Kumtua Kawangkoan Paulus Kodong serta perwakilan Ormas Adat.

(Redaksi)

Author: redaksi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.