DPRD Manado Segera Rombak Pimpinan AKD

Manado – Lembaga DPRD Kota Manado dalam waktu dekat ini akan melakukan pergantian pimpinan alat kelengkapan dewan (AKD) dalam hal ini ketua, sekretaris dan wakil ketua komisi.

Hal ini dilakukan, untuk menindaklanjuti edaran Menteri Dalam Negeri (Mendagri) terkait penghentian hak protokoler dan keuangan bagi para anggota dewan yang mengundurkam diri sebagai legislator Kota Manado.

Para anggota yang hendak dilakukan pergantian antar waktu (PAW) berjumlah 5 personil. Pengunduran diri kelima politisi tersebut disebabkan perpindahan keanggotaan dari partai pengusung saat Pileg 2014.

“Kami sudah sepakat akan melakukan pergantian. Tapi hanya kursi pimpinan AKD yang kewenangannya sebagai anggota dewan diberhentikan sesuai edaran Mendagri,” kata Wakil Ketua DPRD Manado, Richard Sualang.

Terkait proses PAW terhadap kelima politisi tersebut, ditegaskan Sualang, prosesnya terus berjalan, tanpa menunggu pengajuan pengganti dari partai pemilik kursi.

“Kan yang diproses surat pengunduran mereka. Kalau partai belum mengajukan pengganti, berarti kursi mereka akan kosong. Kenapa hak protokoler dan keuangan diberhentikan bagi mereka yang mengundurkan diri meski belum resmi di PAW, itu bagian dari pendidikan politik bagi masyarakat,” ujar Sualang.

Terkait siapa yang akan menempati kursi pimpinan komisi menggantikan para politisi yang mengundurkan diri, Sualang menyerahkan mekanismenya ke masing-masing personil komisi.

Untuk diketahui, para pemilik kursi pimpinan komisi yang hendak diganti yakni Stenly Tamo wakil ketua Komisi A, Revani Parasan ketua Komisi B dan Robert Tambuwun sekretaris Komisi C. (LeKa)

Author: redaksi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.