Perda ketertiban umum wajibkan rombongan pengantar jenazah tertib berlalulintas

Manado – Iring iringan pengantar jenazah di Kota Manado, akhir-akhir ini menjadi sorotan masyarakat. Pasalnya, sering menyebabkan gangguan kenyamanan berlalulintas.

Akan hal itu, pemerintah Kota Manado melalui Satuan Pamong Pradja mengusulkan dibuatkannya Perda ketertiban umum yang salah satunya mengatur tentang tertib lalulintas.

Untuk membahas pasal tertib lalulintas, Panitia Khusus (Pansus) DPRD Kota Manado akan melibatkan Kepolisian untuk menyusun Peraturan Daerah (Perda) ketertiban umum.

Dijelaskan wakil ketua Pansus, Markho Tampi, keterlibatan Kepolisian dalam penyusunan Perda ketertiban umum sangat penting.

“Salah satu pasal dalam Perda mengatur tentang tertib lalulintas. Ada ayat yang mengisyaratkan bahwa rombongan pengantar jenazah wajib mendapatkan pengawalan dari Kepolisian. Jadi, kami perlu meminta tanggapan dari Kepolisian soal ayat itu,” kata Tampi.

Ditambahkan Tampi, dengan melibatkan Kepolisian dalam pembahasan penyusunan Perda itu untuk menghindari ketimpangan wewenang.

“Jangan sampai Perda ini berbenturan dengan aturan yang berlaku di Kepolisian. Pendapat dari mereka sangat kami perlukan untuk menjadi pertimbangan Pansus dalam penyusunan Perda ini,” ujar politisi PDIP itu. (LeKa)

Author: redaksi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.