Segera terbit aturan, beli miras di Manado wajib tunjukkan KTP

Manado – Lembaga DPRD Kota Manado melalui Pansus Perda ketertiban umum bakal mengatur larangan membeli minuman beralkohol bagi warga yang berusia dibawah 17 tahun.

Ditegaskan ketua Pansus Syarifudin Saafa, saat ini pihaknya akan memasukkan salah satu ayat dalam Perda ketertiban umum, larangan kepada pemilik warung memberikan minuman keras (miras) dagangannya kepada mereka yang belum dewasa.

“Kalau di luar negeri, untuk membeli rokok saja harus menunjukkan KTP. Pada Perda ini kami akan mengatur hal yang sama, khusus untuk membeli minuman keras,” kata Saafa.

Selain itu, pada Perda itu juga melarang warga mengkonsumsi miras di tempat umum. Hal ini bertujuan agar menghindari terjadinya gangguan keamanan dan kenyamanan di setiap lingkungan.

“Kalau di rumah tidak dilarang. Tapi kalau di tempat umum seperti ruang publik yang disediakan oleh pemerintah atau swasta tentu dilarang. Misalnya di area perkantoran pemerintah, taman, jalan dan trotoar,” jelasnya.

Tak hanya itu, perdagangan miras juga akan diatur dalam Perda ketertiban umum ini. Tidak seluruh warung yang ada di Kota Manado, dapat dengan bebas berjualam miras.

“Tentunya setiap warung yang berjualan minuman keras harus mengantongi izin khusus dari pemerintah terkait. Kalau tidak mengantongi izin, pasti akan ditindak,” tegasnya. (LeKa)

Author: redaksi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.