2019, Pemkot Manado subsidi iuran BPJS untuk 110 ribu jiwa

Manado – Pertanggal 1 Januari 2019 mendatang, sesuai undang undang jaminan sosial mewajibkan seluruh rakyat Indonesia telah terdaftar sebagai peserta BPJS kesehatan. Bila tidak, warga tersebut tidak akan mendapatkan pelayanan publik.

Untuk mengantisipasi agar seluruh masyarakat Kota Manado terhindar dari sanksi tersebut, maka pemerintah telah menganggarkan dana subsidi iuran BPJS bagi masyarakat yang belum terdaftar sebagai peserta program jaminan sosial itu.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Manado, dr Marini Kapojos menjelaskan, jumlah penduduk sebanyak 518.090 jiwa. Dan masyarakat yang telah tercover BPJS sebanyak 430.503 jiwa dan 88 ribu jiwa belum terdaftar.

“Tahun 2018 ini, baru 23 ribu jiwa peserta BPJS yang merupakan warga Kota Manado yang dibayarkan oleh pemerintah,” kata dr Kapojos.

Lanjut ditegaskannya, di Tahun 2019 mendatang telah ketambahan 87 ribu jiwa penduduk Kota Manado yang akan disubsidi oleh pemerintah untuk pembayaran iuran BPJS.

“Untuk Tahun 2019, Dinas Kesehatan Kota Manado telah menganggarkan 23 miliar untuk 110 ribu jiwa. Dana itu untuk pembayaran iuran BPJS hanya selama 9 bulan atau sejak Januari sampai September. Selanjutnya akan dianggarkan kembali pada APBD perubahan,” ujar Kapojos. (LeKa)

Author: redaksi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.