Dinkes Manado diminta segera antisipasi penyebaran DBD

Manado – Ketua Komisi D yang membidangi kesejahteraan masyarakat DPRD Kota Manado, Apriano Saerang disela-sela reses di Kelurahan Malalayang I Timur mengimbau agar Dinas Kesehatan (Dinkes) segera melakukan antisipasi meraknya kasus Demam Berdarah (DBD).
“Saya meminta kepada Dinkes segera melakukan fogging di seluruh wilayah yang masuk kategori KLB (kejadian luar biasa) DBD. Tentunya hal itu menimbulkan keresahan ditengah masyarakat,” seru Saerang.
Sementara itu, perwakilan Dinkes Manado, dr Ivan Marthen yang hadir dalam kegiatan reses itu menegaskan bahwa pihaknya telah mengagendakan pelaksanaan fogging di sejumlah wilayah di Kota Manado.
“Dinas Kesehatan akan segera melakukan tindakan fogging di sejumlah wilayah. Bila ada kejadian DBD ditengah masyarakat, bukan langsung di fogging. Tapi ada beberapa tahapan. Untuk diketahui, fogging hanya membunuh nyamuk Aedes Aegypti dewasa. Sedangkan jentik atau larva tidak akan mati hanya karena fogging,” kata Marthen.
Ditegaskannya, untuk mencegah berkembang-biaknya nyamuk Aedes Aegypti harus dilakukan pemberantasan terhadap sarang nyamuk seperti kubangan atau air tergenang. Dan hal itu yang merupakan langkah yang sangat tepat untuk pencegahan DBD.
“Kami lebih fokus pada penyuluhan, agar masyarakat melakukan pemberantasan sarang nyamuk secara masif. Karena kalau hanya fogging, seminggu lagi nyamuknya pasti muncul lagi. Upaya pencegahan lainnya dengan memberikan abate di tempat penampungan air yang akan dipakai memasak. Tapi pemberian abate sebelum air dimasak,” pungkasnya. (LeKa)

Author: redaksi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.