Mahasiswa Nusa Utara Apresiasi Kiprah Jerry Sambuaga di Pusat

MANADO-Kiprah Jerry Sambuaga sebagai wakil Sulawesi Utara (Sulut) di DPR RI diapresiasi banyak elemen, tak terkecuali kalangan mahasiswa asal Nusa Utara. Selain cerdas, piawai berdebat dan sering diundang jadi narasumber di sejumlah televisi nasional, politisi muda bergelar doktor ini juga dianggap memiliki integritas baik dan komitmen kuat dalam memperjuangkan aspirasi warga Nyiur Melambai di pusat.

“Bung Jerry Sambuaga kebangaan Sulut dan Kawasan Timur Indonesia. Terundang jadi narasumber di sejumlah televisi nasional menjadi bukti kualitasnya,” kata Beny Kalidu, mahasiswa asal Sangihe yang saat ini kuliah pada salah satu perguruan tinggi swasta di Manado.

Keberadaan dosen Universitas Indonesia dan Universitas Pelita Harapan (UPH) di DPR RI itu menurut Benny memberi warna tersendiri. “Gagasan dan usulannya banyak didengar mitra terkait DPR RI. Tak heran pula ia kerap menjadi wakil Tim Kampanye Nasional Jokowi-Ma’ruf Amin di berbagai forum,” ujar Nelty Tine, mahasiswi di Tahuna.

Sementara Tony Sahula mengapresiasi  perjuangan Ketua Pemuda Mahasiswa Minahasa Jakarta itu yang sukses menggolkan aspirasi masyarakat agar daerah kepulauan bisa terakses internet dengan mudah.  “Kala bertemu sekitar enam bulan lalu di Jakarta, Bung Jerry Sambuaga berjanji untuk memperjuangkan ketersediaan jaringan telekomunikasi dan internet ini di Komisi 1. Janji dan perjuangkannya itu terbukti. Setelah disetujui Komisi 1 DPR RI, Menteri Kominfo RI dan Gubernur Sulut bergerak cepat mewujudkannya,” ungkap Toni.

Dari berita di berbagai media, Bakti Kemenkominfo telah membangun 1 menara telekomunikasi seluler jaringan 4G dan 6 tower 2G di Sangihe. Saat ini Bakti Kemenkominfo tengah mempersiapkan proses migrasi ke 4G.

Selain itu, akses internet pun telah disiapkan Bakti Kemenkominfo di 51 lokasi, yaitu satu puskesmas, tiga kantor desa, satu lokasi layanan publik dan 46 sekolah yang siap terkoneksi dengan jaringan Palapa Ring Tengah.

Menkominfo Rudiantara dan Menteri Keuangan Sri Mulyani serta Gubernur Sulut Olly Dondokambey sudah mencoba langsung pemanfaatan akses internet tersebut di Tahuna, Jumat (18/1/2019) lalu. “Kita butuh waki seperti Bung Jerry Sambuaga yang all-out di pusat dan Gubernur seperti Pak Olly Dondokambey yang punya jaringan kuat di pusat. Sinergi begitu akan memajukan daerah,” kata Tony lagi.

Jerry sendiri memuji kesungguhan Jokowi membangun Indonesia dari pinggiran. “Pak Jokowi menghadirkan rasa keadilan di semua wilayah,” ucap Jerry.

Sementara soal ketersediaan jaringan internet, Ketua Pemuda Mahasiswa Minahasa Jakarta ini memang sudah menyampaikan hal itu ketika diundang Komunitas Pers Manado (KPM) medio Oktober 2018 lalu.

“Kominfo itu adalah mitra kerja kami Komisi 1. Sebagai wakil rakyat asal Sulut, saya sudah menitipkan soal ketersediaan jaringan internet itu ke Menteri Kominfo ketika menghadiri undangan Komisi 1.Teman-teman di Komisi 1 juga menyetujui karena  ketersediaan internet sangat penting dalam pelayan an publik,” kata Jerry ketika itu. (ymn)

 

 

 

 

 

 

Author: redaksi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.