Tunjang Kesejahteraan, Dandim Nandar Letakkan Batu Pertama Pembangunan Rudis Prajurit Kodim 1310/Bitung

BITUNG, Goldennews – Merupakan suatu tindakan yang layak di acungkan jempol dengan apa yang dikerjakan oleh Dandim 1310/Bitung Letkol Inf Kusnandar Hidayat, S.Sos.

Pasalnya, guna meningkatkan kesejahteraan, Dandim yang akrab disapa dengan panggilan Nandar ini, memprakarsai pelaksanaan pembangunan Rumah Dinas bagi prajuritnya dalam kebutuhan perumahan.

Berlokasikan di Jln. 46 Kelurahan Paceda Kecamatan Madidir Kota Bitung, Dandim Nandar melakukan peletakkan batu pertama dalam pembangunan rumah dinas prajurit Kodim 1310/Bitung yang berjumlah empat unit perumahan.

Didampingi Kasdim 1310/Bitung Mayor Inf Vino S. Onibala, S.Pt, para Perwira Staf dan Danramil jajaran, serta anggota Kodim 1310/Bitung, Letkol Inf Kusnandar Hidayat S.Sos menerangkan, sistem penganggaran TNI yang meletakkan anggaran perumahan di salah satu alokasi anggarannya, membuat TNI tidak sepenuhnya dapat melakukan tugas pokoknya. Selain itu, anggaran pertahanan yang sebagian besar untuk pengeluaran anggaran rutin membuat pembangunan rumah prajurit tidak pernah dapat memenuhi target. Hal inilah yang membuat Komandan satuan harus memikirkan kebutuhan rumah bagi para prajuritnya.

“Kami berusaha membuat, memperbaiki rumah dinas, fasilitas umum TNI yang ada di Kodim 1310/Bitung. Karena itu sebagai penopang pendukung daripada kesejahteraan prajurit,” terang Dandim.

Dikatakan Dandim, dalam pembangunan fasilitas rumah dinas ini, dapat mencegah permasalahan sosial dalam ruang lingkup TNI.

“Permasalahan sosial kerap terjadi karena fasilitas rumah dinas yang tidak sebanding dengan jumlah prajurit TNI. Sebab, masih banyak prajurit yang tidak membawa keluarganya saat menjalankan tugas, prajurit di daerah itu mau tidak mau harus ngekos,” kata Dandim.

Dandim mengungkapkan, banyak sekali para prajurit, apabila ditugaskan di luar Pulau Jawa tidak membawa isterinya, yang berdampak pada permasalahan sosial.

Dirinya menginstruksikan kepada prajurit dan PNS Kodim 1310/Bitung yang menempati rumah dinas, agar seluruh fasilitas itu dirawat, serta memerintahkan untuk segera memperbaiki jika ada kerusakan.

“Saya mengharapkan kepada personel jajaran Kodim 1310/Bitung untuk merawat rumah tersebut. Kalau memang hanya bocor sedikit saja segera naik, bocornya dimana diperbaiki. Jangan sampai rumah bocor kemudian dibiarkan,” pungkasnya. (RK)

Author: Tim redaksi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.