Danrem 131/Santiago Buka Kegiatan Latihan Geladi Posko I Kodim 1310/Bitung

BITUNG, Goldennews – Mengantisipasi dan meningkatkan kemampuan, dan kesigapan, serta membantu pemerintah daerah (Pemda) dalam penanggulangan bencana, Kodim 1310/Bitung menggelar Latihan Geladi Posko I dengan Tema “Kodim 1310/Bitung melaksanakan bantuan kepada Pemerintah Daerah dalam rangka menanggulangi terjadinya bencana alam di wilayah” yang bertempat di Aula Makodim 1310/Bitung, Selasa (23/4/2019).

Kegiatan tersebut, dibuka secara langsung oleh Danrem 131/Santiago Brigjen TNI Joseph R. Giri SIP, MSi.

Danrem Giri dalam pemaparannya menerangkan bahawa latihan Geladi Posko I ini adalah sebagai salah satu bentuk metode bagaimana kita mengaplikasikan kegiatan sehari-hari di tempat pelaksanaan tugas.

“Sebenarnya Geladi ini tidak perlu kita takutkan, yang paling penting adalah tugas kita di lapangan,” terang Danrem.

Dikatakan Danrem, yang paling ditekankan adalah pada saat dinamika.

“Dinamika adalah hal-hal yang akan kamu kerjakan di lapangan, apabila kalau terjadi banjir, sebelum terjadi banjir sudah ada tanda-tanda lewat curah hujan tinggi dengan durasi yang panjang atau lama dan diperkirakan akan terjadi banjir,” kata Danrem.

Lanjutnya,”Disini kita dituntut bagaimana cara kita bertindak, bagaimana mengevakuasi warga yang terkena banjir, jalur evakuasi kemana, tempat pengungsian dimana, dimana tempat kesehatan, dimana posko utama, dapur, logistik, pengamanan, media center dan sebagainya, bagaimana kita berkoordinasi dengan instansi terkait, itu harus dipetakkan di kepala kita dan ini sudah kita lakukan sehari-hari,” tuturnya.

Ditambahkannya,”Yang saya minta adalah, bagaimana setelah Geladi ini, di kepala kamu ada yang kamu bawa apabila terjadi bencana. Bukan banjir saja, mungkin tanah longsor, mungkin gunung meletus dan sebagainya,” tambah Danrem.

Ikut dalam kegiatan Geladi tersebut antara lain Dandim 1310/Bitung Letkol Inf Kusnandar Hidayat S.Sos, para Perwira, Staf dan anggota Kodim 1310/Bitung. (RK)

Author: Tim redaksi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.