Diduga Curang saat Pemilu, Caleg PKS dilaporkan ke Bawaslu Manado

Manado – Tim pemenangan salah satu Calon Legislatif (Caleg) untuk DPRD Kota Manado dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Daerah Pemilihan (Dapil) Tuminting, Bunaken, Bunaken Kepulauan segera melaporkan ke Bawaslu Manado atas dugaan pelanggaran tindak pidana pemilu.

Menariknya, Caleg yang dilaporkan tersebut tidak lain rekan sesama Caleg PKS di Dapil yang sama berinisial SY.

Berdasarkan pengakuan sumber, telah terjadi dugaan tindak pidana pemilu bahwa Caleg berinisial SY melakukan pengelembungan suara bekerja sama dengan Petugas Pemungutan Suara (PPS) di salah satu TPS di Kelurahaan Maasing.

“Dugaan pengelembungan 98 suara dengan menggunakan pemilih khusus di Maasing yang hanya mengisi absen kehadiran tanpa disertai identitas. Dugaan pengelembungan suara juga terbukti adanya Plano C1 di TPS 4 Maasing kosong,” kata sumber yang enggan namanya dipublis.

Ditambahkanya, di TPS 13 Kelurahaan Maasing, SY kembali diduga bekerjasama dengan penyelenggara pemilu mengalihkan suara milik Caleg Partai Gerindra Asep Subandi.

“Di TPS 3 Maasing, penyelenggara diduga menguntungkan salah satu Caleg di fom C1 tercatat 70 suara setelah buka kotak dihitung kembali hanya 40 suara. Begitu juga kotak suara yang tidak tersegel di TPS 13 Tuminting, bahkan dalam kotak suara sudah acak-acakkan. Ada dugaan oknum Lurah, penyelenggara kelurahan dan kecamatan merupakan tim pemenngan Caleg PKS nomor urut 5,” tutur pria yang akrab disapa Agus.

Ia memastikan, pihaknya sudah menyerahkan laporan itu ke Bawaslu Manado untuk meminta sikap tegas pengawas sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku.

“PKS merupakan partai yang menjunjung tinggi demokrasi dan mengedepankan sportifitas dalam persaingan politik. Bila ada kader yang melanggar norma-norma politik santun, mak harus dipecat. Kami sudah menyiapkan pengacara untuk memproses kasus ini. Dan kami meminta, Caleg SY digugurkan dalam pemilu ini. Kami mempunyai bukti rekaman dan vidio. Kami siap bila Bawaslu meminta keterangan dan bukti,” seru Agus. (LeKa)

Author: redaksi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.