Komunitas Trisula Sakti Sulut Gelar Baksos dan Senam Bersama di Bunaken

MANADO, Goldennews – Memperingati hari Kenaikan Isa Almasih, Perguruan Olahraga dan Ilmu Bela Diri Trisula Sakti Sulut menggelar kegiatan senam bersama dan bakti sosial yang dilaksanakan dikawasan wisata Taman Laut Nasional Bunaken, Kota Manado, Kamis (30/5/2019).

Kegiatan diawali dengan ibadah yang dipimpin oleh Pdt Wenas, dan dilanjutkan dengan senam bersama seluruh anggota Trisula Sakti Sulut (TSS).

Ketua Umum Perguruan Olahraga dan Ilmu Bela Diri Trisula Sakti Sulut dr. James Komaling Memberikan apresiasi dan rasa bangga dengan kegiatan yang difasilitasi oleh Komunitas Trisula Sakti Sulut.

“Kegiatan ini adalah kegiatan yang dibuat oleh Komunitas Trisula Sakti Sulawesi Utara, dimana kegiatan ini bertujuan untuk kebersamaan, mempererat hubungan baik antar cabang yang ada di Sulawesi Utara. Memang disini tidak diikuti semua cabang, karena keterbatasan sumber daya, dana dan lain-lain, mereka hanya membatasi 150 orang,” ungkap Ketum dr James Komaling.

Komaling menyampaikan rasa syukur, karena kegiatan ini boleh diapresiasi masyarakat, dengan ditandai sambutan dari Pemerintah setempat dalam hal ini Lurah Kelurahan Bunaken dan juga adanya koordinasi penyelenggara kegiatan, yang diketahui bersama bahwa, merupakan salah satu pejabat yang ada di Kota Manado.

Dirinya (Komaling, red) berharap, kedepannya nanti Trisula Sakti Sulut (TSS) semakin berkembang dan bisa membantu masyarakat.

“Memajukan organisasi, yang didalamnya ada masyarakat-masyarakat yang bisa kita bantu. Contohnya, jika organisasi semakin berkembang, semakin banyak anggota-anggota yang bisa membantu, yang mempunyai kepentingan-kepentingan, yang bisa memberikan lapangan pekerjaan, bisa memberikan sesuatu nilai tambah untuk masing-masing keluarga yang tergabung dalam Trisula Sakti Sulawesi Utara,” ujar Komaling.

Penasehat Trisula Sakti Sulut Marlein Lalamentik menambahkan, kedepannya Trisula Sakti Sulut bisa memberikan yang terbaik.

“Bersama dengan pemerintah, menjaga keamanan Sulawesi Utara ini,” tambah Marlein.

Sebagai penyelenggara kegiatan, Direktur Utama PD Pasar Kota Manado Stenly Suwuh yang adalah anggota Trisula Sakti Sulut ini mengatakan bahwa, kegiatan tersebut merupakan inisiatif dari pengurus Cabang Persiapan Manado 9, lebih khusus Trisula Sakti Sulut.

“Semoga ini menjadi kegiatan rutin setiap tahun, kami saling berkoordinasi dengan sesama Trisula Sakti Sulut yang ada di Cabang maupun pusat, sehingga acara ini boleh terlaksana dengan baik. Tujuan kami adalah supaya ada saling mengenal antar cabang yang ada di Sulawesi Utara ini, karena anggotanya sudah berkisar 16.000, sehingga ada yang tidak saling mengenal,” kata Suwuh.

Sementara itu, Ketua Komunitas Trisula Sakti Sulut (Cabang Persiapan Manado 9) juga sekaligus sebagai Ketua penyelenggara kegiatan Kefas Sanger menuturkan, kedepannya Trisula Sakti Sulut lebih baik lagi agar rasa persaudaraan lebih terbina lagi.

“Komunitas Trisula Sakti Sulut kedepannya lebih baik lagi dan kita bikin ini supaya rasa kebersamaan diantara teman-teman Trisula Sakti Sulut, lebih terbina lagi. Dan saling mendukung, dari cabang persiapan walaupun baru, dengan cabang-cabang yang sudah lama saling bersinergi, tidak ada yang saling menjatuhkan,”tutur Kefas.

Lanjutnya,”Untuk perencanaan kegiatan, untuk kesiapannya hanya tiga minggu. Karena kita tidak dibuka untuk umum, tapi kedepannya kita akan buka untuk umum. Kedepannya, kegiatan-kegiatan seperti ini, akan menjadi kegiatan tahunan. Kita sudah berkoordinasi dengan Ketua Umum dan Guru Besar,” tutup Kefas.

Selain itu, pemerintah Kelurahan Bunaken dalam hal ini Lurah Bunaken Glen Laale mengungkapkan bahwa baru pertama kali melihat kegiatan seperti ini, dan sebagai tuan rumah tempat diadakan kegiatan, dirinya merasa bangga.

“Dan kami harapkan, ini menjadi kegiatan rutinitas, biar lebih dikenal masyarakat untuk kegiatan yang seperti ini. Kami mendapatkan pembelajaran yang baru, ketika menyaksikan, melihat atraksi-atraksi yang ditampilkan, bagi kami yang pertama kali melihat, kami kagum dan dalam pengharapan, akan kegiatan-kegiatan seperti ini berkelanjutan di laksanakan dipantai Liang, atau dilaksanakan dibagian kampung, supaya bisa dikenal dan disaksikan masyarakat Kelurahn Bunaken,” ungkap Laale.

Adapun rangkaian kegiatan yang digelar Komunitas Trisula Sakti Sulut di Taman Laut Nasional Bunaken antara lain senam bersama dan bersih-bersih pantai, serta penilaian senam yang diikuti oleh 6 Cabang yaitu Cabang Manado 5, Cabang Persiapan Kombos, Cabang Persiapan Amurang 1, Cabang Persiapan Amurang 2, Cabang Persiapan Maesaan Tompaso Baru, dan Cabang Persiapan Manado 9.

Dalam penilaian senam tersebut, ada 3 Cabang yang mendapatkan juara beserta dengan hadiah uang tunai dengan kriteria keseragaman gerakan, kostum dan jumlah keseluruhan kesalahan gerakan. Ketiga Cabang tersebut antara lain :
– Juara 1 : Cabang Persiapan Amurang 2, total nilai = 235 mendapatkan hadiah sebesar Rp 1.000.000
– Juara 2 : Cabang Persiapan Amurang 1, total nilai = 232 mendapatkan hadiah sebesar Rp 750.000
– Juara 3 : Cabang Persiapan Manado 5, total nilai = 219 mendapatkan hadiah sebesar Rp 500.000

Ikut menghadiri kegiatan, Guru Besar Trisula Sakti Sulut Jan F Komaling, Penasehat Trisula Sakti Sulut Marlein Lalamentik, Ketum Trisula Sakti Sulut dr. James Komaling, Dirut PD Pasar Manado Stenly Suwuh, Camat Wenang Donald Sambuaga S. STP, Lurah Bunaken Glen Laale, Para Ketua Cabang dan anggota Trisula Sakti Sulut. (Ein)

Author: Tim redaksi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.