Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila di Kodim 1310/Bitung Berlangsung Khidmat

BITUNG, Goldennews – Dalam rangka memperingati Hari Lahir Pancasila, Kodim 1310/Bitung menggelar upacara bendera di lapangan Makodim, Sabtu (1/6/2019).

Upacara dipimpin langsung oleh Kepala Staf Kodim (Kasdim)1310/Bitung Mayor Inf Vino S Onibala dan bertindak sebagai pemimpin upacara yaitu Danramil 1310-01/Bitung Lettu Inf Jullen T. Kasiaheng.

Sementara itu, untuk Pembacaan UUD 1945, dibacakan oleh Letda Kav Aldewiet Gansa.

Disela-sela kegiatan upacara, dilaksanakan Penyerahan bingkisan Lebaran 1440 H kepada perwakilan personel Kodim 1310/Bitung secara simbolis.

Dalam amanatnya Kasdim menyampaikan, Pancasila mampu menyatukan kita semua sebagai satu bangsa dan hidup dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

“Sebagaimana yang kita ketahui semua bahwa, kondisi geografis yang memposisikan wilayah Indonesia sebagai negara kepulauan, makin memperkokoh konsep keyakinan akan tanah air Indonesia,” tukas Kasdim.

Kasdim mengungkapkan, Kesatuan gugusan pulau yang berada diantara dua Samudera Pasific dan Hindia serta diantara dua benua Asia dan Australia, menunjukan kita sebagai bangsa, memiliki ruang hidup tanah air sebagai satu kesatuan.

“Ada relasi perpaduan antara darat dan laut yang saling menguatkan. Sebagaimana dalam konsep wawasan nusantara. Diwilayah nusantara, tumbuh flora dan fauna yang beragam. Keberagaman secara natural, merupakan karakteristik dari keindonesiaan,” katanya.

Dihari lahir pancasila yang berdekatan dengan lebaran, atas nama Dandim 1310/Bitung beserta dengan pribadinya dan keluarga, menyampaikan selamat merayakan hari raya Idul Fitri 1440 H.

Komandan Kodim (Dandim) 1310/Bitung Letkol Inf Kusnandar Hidayat S. Sos melalui Kasdim Vino S Onibala menegaskan, cuti lebaran yang diberikan agar dipergunakan dengan sebaik mungkin dan tepati waktu.

“Melaksanakan cuti lebaran dengan baik, cuti lebaran itu juga dinas. Tepati waktu, pergunakan dengan sebaik-baiknya,” tegas Dandim lewat Kasdim Onibala.

Perlu diketahui bersama, untuk cuti lebaran dibagi 2 gelombang.
– Cuti Gelombang pertama yakni mulai tanggal 1-6 Juni 2019,
– Cuti Gelombang kedua yakni mulai tanggal 6-11 Juni 2019

Upacara diikuti oleh Kasdim 1310/Bitung Vino S Onibala, Pasi Intel Kodim 1310/Bitung Lettu Czi Sardi O Mamonto, SH, para Perwira Kodim 1310/Bitung, Danramil jajaran Kodim 1310/Bitung, Prajurit dan PNS Kodim 1310/Bitung. (Ein)

Author: Tim redaksi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.