Sulut Tuan Rumah OSN SMA Tahun 2019

Manado, Goldennews – Kementerian Pendidikan menunjuk Provinsi Sulawesi Utara menjadi tuan rumah pelaksanaan olimpiade sains nasional (OSN) SMA tahun 2019, yang pelaksanaannya akan digelar pada tanggal 30 Juni sampai dengan 6 Juli 2019.

Kedatangan para peserta lomba OSN dijadwalkan pada tanggal 29-30 Juni dan pada tanggal 1 Juli 2019 merupakan acara pembukaan kegiatan yang rencananya akan dibuka oleh Menteri Pendidikan dan juga Gubernur Sulut Olly Dondokambey.

Sebelumnya, Gubernur Sulut sudah melepas dan juga memberikan motivasi ke-26 siswa yang mengikuti delapan mata pelajaran yang dilombakan. Diantaranya Matematika, biologi, dan Astronomi.

Pemerintah Provinsi Sulut melalui Kepala Dinas Pendidikan, Dr. Grace Punuh menuturkan bahwa, bukan hanya untuk mensukseskan dalam artian jadi tuan rumah, tapi juga berkomitmen untuk sukses dalam mendulang medali. Karena, Multi Player Effect ini tinggi sekali.

“Disisi lain Pemprov juga mengharapkan agar siswa-siswa dari luar Provinsi Sulut yang datang mengikuti OSN agar mendapat penyambutan senyaman mungkin agar mereka merasa kondusif berada di Sulut selama lomba. Karena rata-rata siswa-siswi yang mengikuti ajang ini adalah anak-anak yang serius. Hal seperti itu memang harus kita (Pemprov Sulut) seriusi juga,” tutur Punuh, Rabu (26/6/2019).

Lomba OSN ini, akan diadakan di tiga kabupaten/kota di Sulut yakni Minut, Manado dan Tomohon.

Melalui OSN ini, Punuh berharap nama Sulawesi Utara semakin diketahui oleh masyarakat luar, mulai dari Kuliner, cendramata, maupun pariwisata unggulan, sehingga para peserta yang datang mendapatkan kesan yang baik telah berada di Sulut.

“OSN tahun 2019 di Sulut sekiranya dapat berlangsung dengan sukses, aman dan siswa-siswi Sulut dapat mendulang medali sehingga membawa nama baik. Karena, apabila menang di tingkat nasional, bukan tidak mungkin diikutsertakan di tingkat Internasional. Banyak efek positif juga yang di dapat yaitu membawa kebanggaan provinsi Sulut, kebanggaan keluarga maupun Sekolah dan juga hal ini menjadi ‘Tinta Emas’ bagi siswa itu sendiri. Merujuk pula kepada 26 siswa Sulut yang lolos Passing grade itu juga hal yang luar biasa karena OSN Tahun lalu hanya 11 siswa yang lolos passing grade menjadi kehormatan Sulut menjadi Tuan Rumah,” jelasnya

Lanjutnya,”Harapan saya juga Siswa-siswa yang mengikuti lomba ini agar selalu menjaga kesehatan. Itu yang terpenting,” harap Punuh.

Diletahui, dana untuk pergelaran OSN tahun 2019 yakni 2 Millyar APBD dan 10 Millyar dari kementerian pendidikan. (Ein)

Author: Tim redaksi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.