BPN Minsel permudah pengurusan sertifikat tanah

Ketua BPN Minsel Denny Keintjem

 

Manado – Presiden Joko Widodo Melakukan Penyerahan Sertifikat tanah bagi ribuan warga Sulawesi Utara. Pelaksanaan penyerahan ini dilakukan di Graha Gubernuran, Bumi Bringin, kota Manado, Kamis(04/07/2019)sore.

Terselengaranya acara tentu karena adanya peran langsung dari pemerintah Sulawei Utara dan masyarakat yang begitu antusias dalam pelaksanaan program tersebut. Hal ini membuktikan Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) tercapai.

Sementara itu, Ketua BPN Minsel Denny Keintjem ketika ditemui langsung awak media di Lokasi mengatakan, target pembuatan sertifikat di Minsel berkisar 9300 sertifikat sudah 50% selesai dan pembuatan bidang tanah 11.500 sudah 95% selesai.

Bahkan dalam waktu dekat Deany Keintjem memastikan, target bulan September 100% sudah menyelesaikan semua sertifikat tanah. “Saya targetkan bulan September di Minsel 100% sertifikat tanah sudah selesai,” terangnya.

Terkait hal ini Denny Keintjem menghimbau agar masyarakat mau mengsertifikatkan tanah mereka terkecuali tanah yang bermasalah tentunya belum bisa ditindaklanjut sampai sertifikat, tapi hanya sebatas pemetaan bidang tanah agar terinformasi bahwa tanah tersebut bermasalah.

“Kami harap masyarakat mau mengsertifikatkan tanah, kecuali tanah yang bermasalah belum bisa ditidaklanjut sampai sertifikat tapi hanya sebatas pemetaan bidang tanah agar terinformasi tanah tersebut bermasalah ,” bebernya.

Ketua BPN Minsel juga menjelaskan Biaya pembuatan Sertifikat Tanah yaitu Rp 350 ribu /bidang sesuai SK3 Menteri dan ditindak lanjuti oleh peraturan Bupati, bahkan ada yang Rp 100 ribu saja. Biaya tersebut adalah biaya Operasional untuk Aparat Desa, Sudah termasuk patok besi dan meterai. (rdk)

Author: Leriando Kambey

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *