Kekeringan dan rawan kebakaran hantui warga Manado, Jean Sumilat desak pemerintah antisipatif

Jean Sumilat, anggota DPRD Kota Manado

Manado – Hingga kini sejumlah daerah di Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), salah satunya Kota Manado, masih mengalami musim kemarau berkepanjangan yang berdampak ancaman kekeringan.

Akan hal itu, anggota Fraksi PDIP di DPRD Kota Manado, Jean Sumilat menghimbau pemerintah untuk mengambil langkah antisipatif untuk mencegah krisis air bersih.

“Khususnya di beberapa wilayah di Kecamatan Malalayang misalnya, sejak dahulu sangat sulit mendapatkan air bersih. Walaupun sudah digali berkali-kali, tapi air susah didapat. Apalagi sekarang ini musim kemarau, ancaman yang bisa terjadi adalah kekeringan. Pemerintah harus proaktif dalam mengantisipasi masalah ini,” kata Sumilat.

Lebih lanjut diungkapkannya, musim kemarau seperti sekarang ini, bisa juga memicu terjadinya kebakaran lahan ataupun pemukiman warga. Sehingga masyarakat diminta terus waspada.

“Harus lebih hati-hati membuang puntung rokok karena bisa menyebabkan kebakaran. Menjadi tugas kita bersama untuk menjaga lingkungan kita masing-masing, agar terhindar dari ancaman kebakaran,” imbau Sumilat.

Sementara itu, Walikota Manado Vicky Lumentut ketika dimintai tanggapannya terkait ancaman itu mengatakan, pihaknya saat ini terus melakukan pengawasan melalui instansi terkait.

“Kami terus memantau melalui Dinas Sosial. Kalau masih berlanjut cuaca seperti ini, selain air bersih yang diperhatikan, tapi juga kebutuhan pangan juga kami pantau. Sampai saat ini sedang didata. Kalau sudah mengganggu kehidupan masyarakat, pasti kami akan turun,” pungkas Lumentut. (LeKa)

Author: Leriando Kambey

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.