DPRD Manado tetapkan Renja Tahun 2020 dan Pembicaraan tingkat I atas dua Ranperda

Manado – Lembaga DPRD Kota Manado melaksanakan sidang paripurna dalam rangka pembukaan masa sidang pertama Tahun 2019 anggota DPRD Kota Manado masa jabatan 2019-2024, Rabu (23/10/19).

Sidang paripurna yang dipimpin langsung ketua dewan Aaltje Dondokambey yang didampingi wakil ketua Noortje Van Bone, wakil ketua Adrey Laikun dan dihadiri para anggota dewan, Walikota Vicky Lumentut, Wakil Walikota Mor Bastiaan, serta jajaran pejabat Pemerintah Kota Manado.

Dalam paripurna itu juga ditetapkan penetapan rencana kerja (Renja) DPRD Kota Manado Tahun 2020, serta pembahasan tingkat I atas dua buah Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) yakni Ranperda tentang Manado Fiesta dan Ranperda tentang rencana induk pembangunan kepariwisataan daerah Kota Manado.

“Pada 23 Oktober 2019 hari ini, Badan Musyawarah dewan telah melakukan pembahasan sekaligus penyusunan rencana kerja dewan Tahun 2020. Untuk itu, saat ini akan ditetapkan rencana kerja dewan itu,” kata Aaltje.

Sementara itu, pada sambutannya, Walikota Vicky Lumentut memberikan apresiasi sekaligus berterima kasih kepada pimpinan dewan yang telah menyelenggarakan paripurna tingkat I atas dua buah Ranperda yang diusulkan pemerintah kota.

“Paripurna ini sebagai momentum yang baik untuk penguatan dalam bekerja sama dan sinergitas dengan pemerintah kota dalam fungsi pengawasannya. Pembangunan kepariwisataan mempunyai peran penting potensi pariwisata sejak Tahun 2016 kunjungan wisatawan 41 ribu, 2017 sebanyak 92 ribu, 2018 100 ribu lebih,” ungkap Lumentut yang dikutip dalam sambutannya.

Sebelum mengakhiri sidang paripurna, Aaltje meminta pendapat fraksi-fraksi atas dua buah Ranperda yang diusulkan pemerintah kota dan kemudian dilakukan pembentukan Panitia Khusus (Pansus) atas dua buah Ranperda tersebut.

“Pembahasan atas Ranperda yang nantinya dilakukan oleh Pansus akan dimulai Kamis, 24 Oktober 2019, bersama pemerintah kota dalam hal ini seluruh dinas terkait,” seru Aaltje sembari meminta persetujuan seluruh anggota dewan yang langsung disetujui. (Lipsus)

Author: Leriando Kambey

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *