Peringatan Hari Guru, Alhabsy Minta Pemerintah Lebih Memperhatikan Kesejahteraan Tenaga Sukarela

MANADO, Goldennews – Berkaitan dengan Hari Guru Nasional yang jatuh hari ini Senin (25/11/2019), anggota Komisi IV DPRD Sulut Yusra Alhabsyi menuturkan, semoga di hari Guru ini akan meningkatkan semangat kerja dari Guru-guru yang ada di Indonesia, termasuk di Provinsi Sulawesi Utara.

“Perjuangan dari pada guru tentunya tidak akan kami lupakan. Berkaitan dengan hari guru, baik Komisi IV menjadi penting untuk kita jadikan sebagai salah satu titik untuk melakukan evaluasi terhadap kualitas pendidikan, pelayanan pendidikan, termasuk fasilitas pendidikan dan tentu tak lepas dari urusan kesejahteraan dari pada pendidik, diantaranya soal para tenaga guru sukarela,” tutur politisi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) ini.

Disampaikan Alhabsyi, guru sukarela mengabdikan diri penuh seperti guru-guru Aparatur Sipil Negara (ASN), tapi jadwal mereka tak bisa tertutupi dengan anggaran yang cukup.

“Bahkan ada yang satu bulan hanya terima Rp150.000, tetapi mereka masih tetap mengabdi. Masalahnya apa, soal regulasi. Regulasi ini harus diperbaiki,” katanya.

Menurutnya, Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) juga harus menyeimbangkan soal kesejahteraan guru, karena hanya 15% dari dana BOS itu untuk bisa diberikan pada tunjangan atau honor guru.

“Nah, sementara kebutuhan guru di Sulawesi Utara, hari ini kalau dilihat dari datanya, terutama yang SD dan SMP itu, itu satu sekolah rata-rata masih kekurangan guru sekitar 30%. Nah, fakta ini yang harus kita jawab bersama di hari guru ini,” ungkapnya.

Lanjut Alhabsy lagi,”Karena itu, saya meminta kepada pemerintah untuk mencarikan jalan keluarnya bagi tenaga-tenaga sukarela atau guru-guru honor yang ada di SD dan SMP. Dan untuk SMA, kiranya untuk lebih diperhatikan, kesejahteraan mereka, termasuk diantara soal jaminan kesehatan ketenagakerjaan,” ujar legislator Sulut Dapil Bolmong Raya ini. (Ein)

Author: Rein Kaminang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *