Komit Dukung ODSK, TPP SITARO Rapatkan Barisan

Rapat koordinasi TPP bersama Dinas Pemberdayaan Masyarakaf dan Desa Daerah

Sitaro – Tenaga Pendamping Profesional (TPP) yang terdiri dari Tenaga Ahli Kabupaten, Pendamping Desa dan Pendamping Lokal Desa Kabupaten Kepulauan Siau, Tagulandang, Biaro gelar rapat koordinasi bersama Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Daerah (DPMDD) Provinsi Sulawesi Utara dalam rangka Penguatan Pendampingan pengelolaan dana desa di Kabupaten Kepulauan Sitaro, Sabtu (1/2/20) di Ulu Siau.

Rakor yang dikemas dalam suasana kekeluargaan ini menghadirkan Drs. Royke Mewoh selaku Kepala Dinas PMDD Prov Sulut.

Dalam sambutannya, Mewoh menekankan pada penguatan peran pendamping, guna memaksimalkan pemanfaatan dana desa demi mendukung Program Pemerintah Provinsi yakni Operasi Daerah Selesaikan Kemiskinan (ODSK).

Selanjutnya, Mewoh berharap para pendamping bersinergi dengan pemerintah daerah dalam menyelesaikan setiap permasalahan yang terjadi.

Foto bersama Kepala DPMDD Sulut dan TPP Sitaro

Hal senada disampaikan Yance Sonith, S.Kel selaku Koordinator Kabupaten Kepulauan Sitaro. Dikatakannya, tenaga pendamping profesionan patut bersyukur dapat bersua secara langsung dengan Kepala Dinas.

“TPP Sitaro siap mengamankan ODSK di Sitaro,” seru Sonith.

Lanjut dia, saat ini Kabupaten Kepulauan Sitaro tinggal menyisahkan 1 desa tertinggal dari 83 desa yang ada.

“TPP berkomitmen untuk tahun mendatang, Desa Tapile, Kecamatan Siau Timur Selatan boleh mengalami peningkatan menjadi desa berkembang. Dan 73 desa yang saat ini berkembang dapat menjadi maju dan 9 desa maju boleh meningkat menjadi mandiri,” ujar Sonith.

Donny J. Kuhu, ST selaku Tenaga Ahli Pembangunan Partisipatif pun menegaskan, dari sisi perencanaan terus didorong agar kegiatan yang terdanai pada APBDes 2020 pro poor guna penyelesaian permasalahan kemiskinan didesa-desa.

“Kami siap dukung dan sukseskan ODSK di Kecamatan Siau Barat Selatan dibawah bimbingan Kadis PMDD Prov Sulut,” ungkap Hary Antameng, salah satu Pendamping Desa

“Pendamping lokal desa sebagai ujung tombak pendampingan siap mengupgrade diri dan bekerja sama dengan pemerintah dalam rangka mensukseskan program yang diamanatkan baik Program Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara maupun Program Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (P3MD),” tungkas Tutilke Bogar, pendamping lokal Desa Kecamatan Siau Timur Selatan.

Author: Leriando Kambey

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *