Komisi IV DPRD Sulut Sambangi PLTU 2 Amurang

MINSEL, Goldennews – Menindaklanjuti aspirasi masyarakat tentang adanya dugaan pencemaran lingkungan yang disebabkan limbah B3, fly ash dan bottom ash (Faba/abu batu bara) dari PT. PJB Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) 2 Amurang, ditanggapi oleh Komisi IV DPRD Provinsi Sulawesi Utara.

Kamis, (6/2/2020) personel Komisi IV didampingi Dinas Lingkungan Hidup Provinsi, turun langsung meninjau lokasi PLTU, yang berlokasikan di Desa Tawaang, Kecamatan Tenga, Kabupaten Minahasa Selatan.

Ketua Komisi IV Braien Waworuntu usai melakukan peninjauan, dirinya mengungkapkan bahwa, limbah hasil pembakaran batu bara dapat berdampak buruk bagi kesehatan masyarakat sekitar.

“Ini membawa dampak buruk kepada warga sekitar, kesehatan warga dipertaruhkan. Kalau dibiarkan bukan tidak mungkin warga sekitar sini sakit akibat mengkonsumsi Air minum yang telah terkontaminasi dengan Faba Batu Bara,” ungkap Waworuntu.

Kedepannya, Waworuntu menerangkan, Komisi IV pasti akan selalu melakukan pengawasan dan melihat perkembangan terkait pengolahan Faba batu bara di PLTU Amurang.

Sementara, Manajer Unit PT. PJB PLTU 2 Amurang Tumpal Sirait mengucapkan terima kasih atas kunjungan Komisi IV beserta rombongan.

“Terima kasih atas kunjungan Komisi IV DPRD Provinsi Sulawesi Utara dan rombongan, mengunjungi kami di PLTU Amurang, yang kami kelola ini PLTU berkapasitas 2×25 megawatt. Tadi, kami sudah mendampingi rombongan Komisi IV meninjau fasilitas kami yang ada, Faba fly ash dan bottom ash, juga gudang limbah B3 cair,” terang Sirait.

Sirait mengatakan, dari penyampaian para anggota Komisi IV, pihaknya akan mengupayakan untuk membuang limbah yang sudah lewat batas penyimpanan.

“Sejauh ini kami, tidak ada komplain terkait kunjungan dari rombongan Komisi IV DPRD Provinsi Sulawesi Utara. Kami berterima kasih atas kunjungan ini, semoga hubungan kita kedepan dengan satakeholder kita, lebih baik,” katanya.

Ditambahkan Sirait, ada beberapa saran dan usulan yang disampaikan yaitu terkait pemeliharaan ikan dilokasi, supaya PLTU semakin ramah dengan lingkungan.

Turut ikut dalam kunjungan kerja Komisi IV DPRD Sulut ke PLTU 2 Amurang, Sekretaris Komisi IV dr. Fransiskus Andi Silangen, Yusra Al Habsyi, Nursiwin Dunggio, Kabid Penataan Hukum dan Peningkatan Kapasitas Lingkungan Hidup Arfan Basuki, serta insan pers pos liputan DPRD Sulut. (Ein)

Author: Redaksi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *