Dukung Ketahanan Pangan, Demplot Kodim 1310/Bitung Tanam Cabai di Desa Pinilih

MINUT, Goldennews – Dalam rangka menekan tingginya harga jual cabai di Sulawesi Utara, Kodim 1310/Bitung melaksanakan Demplot ketahanan pangan dengan membantu masyarakat dalam memproduksi tanaman cabai yang berlokasikan di Desa Pinilih Kecamatan Dimembe, Kabupaten Minhasa Utara, dengan lahan seluas 2 hektare.

Dipimpin Dandim 1310/Bitung Letkol Inf Kusnandar Hidayat, S.Sos, penanaman cabai juga turut dihadiri Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Daerah Sulawesi Utara Ir. Nofli G. Wowiling, M.Si, Letkol Laut Said Hamdani (Danlanudal Manado), Dr. Ir Yusuf (Kepala Balai Pengkajian Pertanian Sulut), Mayor Inf Vino S. Onibala, S.Pt. (Kasdim 1310/Bitung), Ibu Joice Tamboto (Kabid Pangan Distan Minut), Para Perwira Staf dan Danramil jajaran Kodim 1310/Bitung, Anggota Jajaran Kodim 1310/Bitung, Para Poktan Kabupaten Minut.

Dandim 1310/Bitung Letkol Inf Kusnandar Hidayat, S.Sos, menuturkan, penanaman bibit Cabai yang dilakukan dalam rangka menyiapkan satu perkebunan percontohan sehingga nantinya diharapkan untuk percontohan tersebut dapat berguna untuk masyarakat sekitar. Sekira hasilnya itu bagus, sehingga kedepannya bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Lanjutnya, budidaya tanaman cabai ini diharapkan mengurangi beban biaya rumah tangga akibat naiknya harga komoditi yang erat kaitannya dengan konsumsi masyarakat Indonesia pada umumnya. Dandim juga berharap program demplot ini dapat dijadikan contoh oleh para petani untuk terus memotivasi diri sehingga program swasembada pangan dapat tercapai.

“Budidaya tanaman Cabai dilakukan bertujuan untuk mengurangi beban masyarakat akibat kenaikan harga jual Cabai, disamping itu juga untuk meningkatkan ketahanan pangan bagi masyarakat,” ujar Dandim.

Sementara itu Kadis Pertanian dan Peternakan Sulut, Ir. Nofli G. Wowiling, M.Si., mengatakan selamat dan mengapresiasi upaya serta kerja keras Kodim 1310/Bitung dalam membantu menyukseskan program pemerintah.

“Lewat tanaman hortikultura, Kodim 1310/Bitung sudah melakukan itu dengan membuat sebuah demplot ketahanan pangan/kebun percontohan yang didalamnya selain Cabai, terdapat berbagai macam tanaman holtikultira seperti Labu madu, Semangka, Melon, Timun, dan jenis tanaman sayur lainnya,” imbuhnya. (**/Ein)

Author: Redaksi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *