Jadi Garda Terdepan Penanganan Covid-19, Menantu AK7 Minta Masyarakat Patuhi Imbauan Pemerintah

MANADO, Goldennews – Pandemi virus corona (Covid-19) yang dihadapi seluruh dunia menghadapkan para tenaga medis digarda terdepan dalam usaha memutus rantai penyebaran dan tatalaksana orang yang terserang virus tersebut.

Para dokter, perawat, dan seluruh tenaga kesehatan mempertaruhkan nyawa mereka agar penularan virus tersebut dapat teratasi. Tidak terkecuali dengan dr. Rio Windy Sondakh.

Dokter yang memulai pelayanannya di Kabupaten Kepulauan Aru, Maluku, kemudian ke Puskesmas di Bolaang Mongondow ini tercatat merupakan salah satu tenaga kesehatan (nakes) yang bertugas di Rumah Singgah Covid-19 yang dikelola Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara (Sulut).

Rumah singgah ini menampung pasien ODP dan para pelaku perjalanan untuk dikarantina selama 14 hari.

Dalam masa karantina, mereka (pasien ODP, red) di periksa kesehatan secara rutin dan dilakukan rapid test guna memastikan pasien ODP ini tidak menjadi carrier Covid-19 dimasyarakat.

Dokter Rio sapaan akrabnya, bersama-sama rekan-rekan timnya bergantian shift dalam memonitor ODP yang dirumah singgah tersebut.

dr. Rio windy Sondakh saat memakai APD dalam penanganan Covid-19 (Foto/ist)

“Kami ada 4 tim, ganti-ganti shift tiga kali dalam sehari untuk meminimalisir resiko terjangkit, karna masuk didalam harus memakai APD lengkap, menahan haus, lapar dan buang air,” terang suami dari dr. Charity Kotambunan ini, Sabtu (18/4/2020).

Lebih lanjut dikatakan dr. Rio,”Dalam tim kami, ada Ibu Wakil Gubernur (dr. Kartika), Ibu direktur RSUD Provinsi Sulut (dr. Inggrit), dr. Hendrik, dr. Bangun Dondokambey (anak dari Wabup Minahasa) dan bersama rekan-rekan lainnya,” katanya.

Dia pun berharap, agar Masyarakat mematuhi imbauan pemerintah untuk tetap dirumah, hidup sehat dan memakai masker dalam membantu memutus rantai penularan Covid-19 ini.

“Masyarakat sebenarnya adalah garda terdepan dan kami nakes adalah pertahanan terakhir jadi mari sama-sama kita bersatu, lupakan sejenak perbedaan dan sama-sama kita akhiri pandemi ini,” tutup menantu dari Arthur Kotambunan yang adalah Anggota DPRD Provinsi SULUT itu. (Ein)

Author: Rein Kaminang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *