Pemkab Minut Dukung Program Korsupgah yang Diluncurkan KPK

Minut, Goldennews-co.id-Bupati Minahasa utara  DR (HC) Vonnie Anneke Penambunan (VAP) STh mendukung penuh kegiatan koordinasi dan supervisi pencegahan (Korsupgah) yang sudah diluncurkan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).  

Orang nomor satu di Minut itu menyampaikan dukungannya usai mengikuti sosialisasi Korsupgah tahun 2020 lewat video conference atau Vidcon yang digelar KPK, Senin (3/5/2020).

“Korsupgah bertujuan mendorong pemerintah daerah dalam penyelenggaraan tata kelola keuangan pemerintah lebih transparan dan akuntabel. Makanya kami dukung penuh program yang diluncurkan KPK ini,” ungkap VAP.

Korsupgah sebagaimana penjelasan Komisioner KPK Busyro Muqoddas, didasari pada kewenangan KPK yakni koordinasi, supervisi dan monitoring kegiatan pemerintah baik di tingkat pusat maupun daerah, sebagaimana amanat UU No. 30 tahun 2002, khususnya pasal 6, 7, 8 dan 14. Ada delapan bidang yang dimonitor oleh KPK lewat Aplikasi monitoring Center Prevention (MCP).  Kedelapan bidang tersebut adalah perencanaan dan penganggaran APBD,  pengadaan barang dan jasa, pelayanan terpadu satu pintu, kapabilitas APIP, manajemen ASN, tata kelola dana desa dan manajemen aset daerah. (lan)

Author: Redaksi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *