Kodim 1310/Bitung Siap Dukung Bawaslu Sukseskan Pilkada Serentak 2020

MINUT, Goldennews – Dalam rangka mensukseskan pilkada di wilayah Kabupaten Minahasa Utara dan Kota Bitung, TNI dan Polri siap mendukung Bawaslu dan bersifat netral.

Hal tersebut dikatakan Dandim dalam Rapat Koordinasi Peraturan Perundang-undangan pada Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sulawesi Utara serta Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Minahasa Utara Tahun 2020 bersama ASN, TNI dan Polri yang diselenggarakan oleh Bawaslu Kabupaten Minahasa Utara, bertempat di Restauran KNT Minut, Senin (10/8/2020).

Sesuai Dalam Pasal 39 Ayat (2) undang-undang No. 34 Tahun 2004 Tentang TNI menyebutkan bahwa “Prajurit dilarang terlibat dalam kegiatan politik praktis,” Kemudian di dalam Pasal 47 Ayat (1) menegaskan bahwa “Prajurit hanya dapat menduduki jabatan sipil setelah mengundurkan diri atau pensiun dari dinas aktif keprajuritan”.

“Selain itu, TNI dan Polri juga dilarang membuat keputusan dan tindakan yang menguntungkan atau merugikan pasangan calon,” ungkap Dandim.

Sementara itu, Ketua Bawaslu Kabupaten Minut Bapak Simon Awuy, S.H. mengatakan, Bawaslu memiliki wewenang terhadap pengawasan netralitas ASN, TNI dan Polri dalam Pilkada. Ketua Bawaslu meminta kepada ASN, Institusi TNI dan Polri untuk tidak terlibat dalam tahapan kampanye pasangan calon kepala daerah Tahun 2020 nanti.

“Sesuai dengan ketentuan yang tertuang dalam undang-undang, TNI dan Polri harus betul-betul netral,” tegasnya.

TNI, Polri, ASN, dan penyelenggara Pemilu, lanjut Ketua Bawaslu, ialah pihak-pihak yang harus netral pada semua tahapan Pilkada.

“Netralitas ini guna mewujudkan Pilkada yang damai dan aman,” imbuhnya.

Author: Rein Kaminang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *