Gelar Media Gathering, Mewoh : Protokol Pencegahan Covid-19 Harus Diutamakan Dalam Setiap Tahapan

MANADO, Goldennews – Komisi Pemilihan Umum gelar Media Gathering Peran Pers Dalam Menciptakan Demokrasi Berkeadilan Sulawesi Utara Tahun 2020 bersama insan pers.

Dalam sambutannya, Ketua KPU Sulut Ardiles Mewoh mengatakan sesuai dengan peraturan KPU bahwa, tahapan pendaftaran bakal pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sulawesi Utara akan di mulai pada tanggal 4-6 September 2020.

Disampaikan Mewoh, salah satu bagian penting untuk menyebarluaskan informasi ini kepada masyarakat tentu adalah jurnalis.

“Kita memang melaksanakan kegiatan ini dengan situasi dan kondisi yang berbeda. Dalam melaksanakan pemilihan, dari pengalaman pertama kami, banyak tantangannya. Dan ini menjadi sebuah hal yang harus kita ulang-ulang sampaikan kepada semua pihak bahwa, protokol pencegahan penyebaran covid-19 ini harus kita kedepankan dan utamakan dalam setiap tahapan,” kata Mewoh saat membuka pelaksanaan kegiatan Media Gathering Sesi Ke-2 yang digelar di Wale Pemilu KPU Sulut, Kamis (3/9/2020).

Lebih lanjut dikatakan Mewoh, pada kegiatan rapat koordinasi yang diselenggarakan beberapa hari lalu, di masa pandemi ini, pihaknya telah mengumpulkan semua partai politik, dan semua sepakat mendandatangani berita acara, paling banyak tim yang ikut untuk satu bakal pasangan calon itu hanya bisa 36 orang saja, tidak boleh lebih.

“Jadi, sudah termasuk bakal calonnya Gubernur dan Wakil Gubernur, partai politik pengusungnya, petugas penghubung. kalau dia empat partai berarti kali dua. Karena, dia ketua dan sekretaris. Paling tinggi 36. Kenapa 36? Karena kami sudah hitung kapasitas kantor KPU Provinsi Sulawesi Utara, baik yang ada di ruang pendaftaran maupun yang ada dihalaman, paling banyak 36 orang. Kami sudah sepakati bersama dengan seluruh partai, agar tidak lebih dari 36 orang yang datang di kantor KPU. Kita akan menyediakan ID Card untuk 36 orang saja,” tutur Mewoh.

“36 orang itu juga, tidak semua yang masuk dalam ruang pendaftaran. Dari 36 itu, yang bisa masuk hanya bakal calon, partai politik pengusung, ketua dan sekretaris, petugas penghubung dua orang. Jadi, kalau kita hitung-hitung kalau dia empat partai pengusung, berarti di dalam ruangan itu paling banyak hanya 13 orang timnya yang akan masuk. Nanti kita akan sediakan fasilitas streaming supaya bisa diikuti proses yang sedang berlangsung di tempat pendaftaran,” jelas Mewoh.

Hadir dalam media gathering tersebut antara lain, sebagai narasumber yakni Ahli Pers Dewan Pers Yoseph Ikanubun, Komisioner KIP Reidi Sumual, Ketua KPID Sulut Olga Pelleng, serta insan pers pos liputan KPU Sulut.

Author: Rein Kaminang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *