HUT ke-16 DPD RI, Senator SBANL Dapat Kepercayaan Berdialog dengan Tiga Pimpinan Lembaga Negara

Tomohon, goldennews.co.id– Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD RI) genap berusia 16 tahun pada Kamis, 1 Oktober 2020.

Sejak resmi terbentuk pasca Reformasi 98, lembaga ini ikut berperan penting mengawal perjalanan Negara dan Bangsa dalam mewujudkan cita – cita adil dan makmur.

Tidak seperti biasanya, tahun ini Hari Ulang Tahun (HUT) DPD RI  digelar virtual,  sederhana dengan protokol kesehatan yang ketat.

Senator SBANL bersama staf ahli dan staf khususnya dalam dialog dengan TV One secara virtual (ist)

Kondisi ini tidak lepas dari situasi pandemi covid 19 yang masih terjadi. Kamarathi Kusuma (TVOne) memandu acara yang disiarkan live di berbagai kanal media sosial.

Acara diawali dengan launching program Obrolan Senator (ObraS) yang dihadiri Ketua DPR RI Puan Maharani,Ketua MPR RI Bambang Soesatyo dan Ketua DPD RI La Nyalla Matalitti.

Pada kesempatan saat itu Ketua DPR RI Puan Maharani berharap agar DPD terus memperkuat semangat gotong goyong dalam menjalankan tugas konstitusional dan menjalankan amanat rakyat.

“Anggota DPD dan DPR sama – sama di pilih oleh rakyat. Karena itu marilah kita sama – sama bergotong royong dalam menjalankan tugas konstitusional kita dan melaksanakan amanat rakyat, “ujar Puan.

Sementara Ketua MPR mengharapkan DPD mampu memberi solusi, pemecahan terhadap masalah yang ada di daerah – daerah.

DPD juga diharapkan mampu berperan dalam mengeskalasi upaya upaya pemerintah dalam melakukan pemerataan pembangunan infrastruktur.

Bertindak sebagai tuan rumah, La Nyalla mengatakan terima kasih atas sinergitas yang terjalin antara  lembaga DPD bersama DPR serta MPR.

“Saat ini sinergitas dengan DPR dan MPR semakin baik. Hal ini tentu tidak lepas dari figur ketua DPR dan Ketua MPR, “ujarnya.

Kepada para Senator di seluruh Indonesia La Nyala berperan agar tidak kenal menyerah memperjuangkan  kepentingan daerah. Terus bersinergi dengan pemerintah daerah. Bila daerah sejahtera Indonesia semakin maju. Dia juga mengatakan agar rakyat tidak perlu malu atau takut menyampaikan aspirasi pada setiap Senator.

“Di tiap Provinsi ada empat orang senator, silahkan rakyat menyampaikan aspirasi, “tandas mantan Ketua Umum PSSI ini.

Menarik pada saat itu, dari 136 Senator seluruh Indonesia, hanya lima orang yang mendapat kepercayaan khusus berdialog langsung melalui daring/video conference dengan Ketua DPD, Ketua DPR dan Ketua MPR RI.

Satu di antara lima Senator itu, adalah Wakil Ketua Panitia Urusan Rumah Tangga (PURT) Ir Stefanus BAN Liow MAP (SBANL) dari Daerah Pemilihan (Dapil) Sulawesi Utara.

Senator SBANL yang mendapat kesempatan pertama, menyapa para pimpinan ketiga lembaga, lalu menyampaikan aktivitasnya di Dapil.

Selanjutnya SBANL melakukan penyerahan bantuan secara simbolis kepada mahasiswa Christoper Wungow, Andre Mantiri, Hadmiel Magati, Tisen Waripen lalu Victor Mangkey (Petani),  Nancy Langi ibu rumah tangga (IRT) dan insan Pers serta elemen masyarakat lainnya.

Menyusul Senator SBANL dari Banten, DKI Jakarta, Gorontalo dan Bali melakukan komunikasi dengan ketiga pimpinan lembaga yang berada di kompleks parlemen Senayan Jakarta.

Senator dua periode SBANL yang suami Ir Miky Junita  Linda Wenur MAP,  mengikuti kegiatan HUT DPD RI dan ObraS dari kediamannya dengan alamat Kelurahan Walian Kecamatan Tomohon Selatan, Kota Tomohon dengan didampangi staf ahli, staf administrasi  dan staf khusus.

Dalam momentum itu dia mengucapkan terima kasih atas sinergitas yang boleh terjadi dengan para tokoh masyarakat, agama, tokoh pemuda, pes dan jajaran eksekutif, legislatif dan yudikatif di Provinsi Sulawesi Utara.

“Sinergitas ini kiranya semakin meningkat. Sehingga capaian pembangunan semakin baik,  aspirasi rakyat  semakin diperhatikan, “tandas SBANL yang juga Wakil Ketua Kelompok (Fraksi) DPD RI di MPR.

Tak lupa dia memberikan apresiasi atas sinergitas tiga lembaga negara parlemen yakni DPD RI, DPR RI dan MPR RI dibawah kepemimpinan Ketua La Nyalla Matalitti, Puan Maharani dan Bambang Soesatyo.

SBANL yang juga Koordinator Tim Penyusunan Renstra DPR RI periode 2019-2024 berharap DPD RI menjadi lembaga parlemen yang kuat dan aspiratif  memperjuangkan kepentingan daerah dalam wadah NKRI.

Max Nelwan Guru Sekolah Dasar dan Yeldy Toar seorang Chief yang turut hadir  mengatakan harusnya  semua Wakil Rakyat baik di DPR maupun DPD seperti Senator SBANL dalam menjalankan amanat rakyat.

“Dari dialog singkat tadi kelihatan benar Senator sungguh – sungguh menjalankan tanggung – jawabnya, “tandas Toar. (drl).

Author: Redaksi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *