Debat Ketiga Calon Gubernur Dan Wagub. KPU Sulut Belum Siap

MANADO – Goldennews.co.id – Berdasarkan tayangan di TV serta media soaial fb dan youtube, terlihat jelas satu amplop yang seharusnya berisi pertayaan untuk paslon, ternyata tidak ada lembar pertanyaan. Dinilai tidak siap, Debat pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) tahap III yang di gelar Komisi Pemilihan Umum (KPU) pada Selasa (17/11/2020).

Tak hanya itu, moderator yang awalnya beredar lewat iklan pemberitahuan atas nama Cindy Sistyarani, tetapi saat pelaksanaan debat diganti Liviana Cherlisa. Informasi yang didapat, pergantian tersebut dikarenakan sudah beredarnya foto moderator awal dengan salah satu tim sukses.

Ketua KPU Sulut Dr Ardiles Mewoh saat dikonfirmasi mengatakan, terkait moderator debat, memang ada penggantian, tapi satu hari sebelum debat oleh karena aduan sikap tidak imparsial dari moderator sebelumnya.

Lanjut Mewoh, terkait amplop kosong, tim penyusun soal ada kekeliruan dalam mengisi soal di amplop. “Tetapi langsung dibetulkan saat debat berjalan,” tuturnya.

Terpisah, Kordinator Divisi Sosialisasi, Parmas dan SDM Salman Saelangi SKel mengakui, adanya pergantian moderator. Dijelaskannya, flayer resmi yang tertera moderator sebelumnya sudah di tarik. Dan sudah dirubah Pukul 23.30 Wita yang di share di akun medsos resmi KPU Sulut. Dan ini diputuskan bersama Komisioner KPU Sulut untuk ada pergantian moderator.

Lanjut Saelangi, terkait amplop kosong sepenuhnya di luar jangkauan KPU Sulut, karena soal dalam amplop diserahkan langsung oleh Tim penyusun soal pada media penyelenggara, di saat breefing dengan paslon +/- 15 menit sebelum on air dalam keadaan amplop tersegel.

(**)

Author: Admin GN

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *