DPD Pewarna Sulut Gelar Rakerda dan Pelantikan Pengurus Periode 2020-2025

MANADO, Goldennews.co.id – Dewan Pengurus Daerah Persatuan (DPD) Wartawan Nasrani (Pewarna) Sulawesi Utara menggelar Rapat Kerja Daerah (Rakerda) sekaligus pelantikan pengurus Periode 2020-2025, bertempat di Theresia Residence, Kelurahan Malalayang Satu, Kecamatan Malalayang, Kota Manado, Sabtu (21/11/2020).

Pelaksanaan kegiatan tersebut dihadiri langsung oleh Sekretaris Jenderal DPP Pewarna Indonesia Ronald Stevly Onibala, perwakilan denominasi gereja yang ada di Sulawesi Utara, serta seluruh Anggota Pewarna Sulut.

Mewakili Ketua DPP Pewarna Pusat Yusuf Mujiono, Sekjend Ronald Stevly Onibala dalam sambutannya mengungkapkan bahwa, Pewarna adalah organisasi profesi wartawan yang memiliki kesamaan beriman sebagai nasrani.

“Pewarna ini didirikan pada tanggal 10 Januari 2013 di Jakarta, sekarang sudah jalan tujuh tahun. Sudah dua kali mengadakan kongres, kongres terakhir 2019. Dan, dengan dinamika yang terjadi hari-hari ini, banyak hal yang sudah dikerjakan di 2019,” ungkap Onibala.

Dikatakan Onibala, melihat banyaknya rekan-rekan wartawan dari daerah-daerah yang ingin bergabung dengan Pewarna Indonesia, sehingga langkah-langkah yang dilakukan oleh pengurus pusat untuk mengajukan pendirian Pewarna ini ke Kementrian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkum HAM), agar lebih diakui oleh pemerintah.

“Sehingga pada tahun 2019 tepatnya pada bulan Juni melalui notaris, kemudian legalitas Pewarna ini didaftarkan ke Kemenkum HAM, lewat keputusan Kemenkumham RI No AHU 006808.AH.01.07.Tahun 2019 dan semakin bergeraknya Pewarna sehingga, tuntutan dari beberapa provinsi yang meminta supaya lebih legalitasnya oke lagi, khususnya untuk ke Kesbangpol, hari-hari ini kami sampaikan sementara mengurus NPWP. Karena, ini sangat penting sebagai prasyarat untuk mendaftarkan organisasi kita ke pemerintah lewat Kesbangpol. Jadi, kita sudah punya AD/ART, kemudian juga punya legalitas di Kemenkumham, dan kemungkinan sebelum Rakernas, kita sudah selesaikan NPWP-nya,” kata Onibala.

Selain itu, Onibala mengatakan bahwa, sampai dengan hari ini dirinya mencatat, dari 34 provinsi di Indonesia, sudah 18 provinsi yang bergabung dengan Pewarna Indonesia.

“Sampai hari ini saya mencatat sudah ada di 18 provinsi. Dari 34 provinsi yang ada di Indonesia, kita sudah ada di 18 provinsi, baik yang sudah dikeluarkan SK penetapan pengurus, kemudian ada SK penunjukan pengurus, dan surat mandat. Jadi, dari Pengurus Pusat Pewarna sudah mengeluarkan surat penetapan pengurus, kemudian penunjakan, ada beberapa provinsi yang masih diberi surat penunjukan khususnya untuk Ketua, Sekretaris, Bendahara, kemudian ada surat mandat yang diberikan untuk pembentukan kepengurusan daerah. Jadi, total kita sudah ada di 18 provinsi,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua DPD Pewarna Sulut Sanfransisco Manossoh dalam sambutannya menyampaikan terima kasih dan memberikan apresiasi kepada seluruh Anggota dan Pengurus Pewarna Sulut atas partisipasinya, sehingga pelaksanaan Rakerda boleh berjalan dengan baik.

“Tanpa ada teman-teman, organisasi DPD Pewarna Sulawesi Utara ini tidak akan jalan. Semua ini tergantung dari teman-teman anggota, dan kita bersama-sama bergandengan tangan, kita sama-sama membesarkan DPD Pewarna Sulut yang ada di bumi nyiur melambai ini,” ucap Manossoh.

Author: Rein Kaminang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *