Tahun 2021, DPRD Sulut Berbenah Soal Kinerja

MANADO, Goldennews.co.id – Di bawah kepemimpinan Fransiskus Andi Silangen sebagai ketua, tahun 2021 ini, DPRD akan berbenah soal kinerja. Mulai dari menerima dan memperjuangkan aspirasi masyarakat, tapi juga perihal produksi peraturan daerah (Perda), yang memang menjadi kewenangan lembaga legislatif yang dipimpinnya.

“Terus terang saja, saya bilang, mari kita merenung bersama indikator keberhasilan lembaga legislatif itu adalah legislasi. Perda yang dihasilkan dan bukan Perda yang sudah harus kita kerjakan misalnya perda APBD, itu biasa,” kata Silangen usai memimpin rapat kerja Pimpinan Dewan, Fraksi dan Komisi, Selasa (5/1/2020) sore.

Silangen mengakui bahwa, pada sepanjang tahun 2020, DPRD Sulut mandul perda inisiatif. Dan dalam rapat tersebut dibahas hambatan-hambatan mengapa DPRD tidak menghasilkan satu perda yang inisiasi lembaga perwakilan rakyat Sulut tersebut.

“Makanya kalau kita tahu hambatannya, kita bisa intervensi persoalan-persoalan ini supaya tidak terulang lagi 2021. Jadi, itu semua yang kita bahas dalam rapat,” aku Silangen.

Selain itu, Silangen mengatakan, wacana on call bagi anggota dewan untuk aktif hadir dalam kegiatan-kegiatan di DPRD akan dimantapkan pihaknya.

“Akan kita laksanakan dengan teknis yang akan kita tetapkan. Mereka setuju karena semua punya semangat yang sama bahwa kita lembaga dewan ini fungsinya adalah wajib menerima aspirasi dan kunjungan-kunjungan dari luar daerah. Coba diperhatikan, tahun 2020 cuma Sekwan yang selalu melakukan itu. Dan ini bukan sesuatu yang baik bagi torang pe lembaga ini,” ujarnya.

Dirinya berharap dengan perbaikan kinerja nantinya, empat tahun periode ini berakhir, masyarakat akan puas dengan kerja para anggota dewan, dan DPRD Sulut secara lembaga.

“Kita sudah bercita-cita di awal tahun ini sampai empat tahun ke depan, rakyat bisa merasakan bahwa inilah dewan yang sebenarnya,” tandasnya.

Di sisi lain, Silangen meminta dukungan pers dan media untuk mensosialisasikan kinerja DPRD. Ia juga tidak mengapa jika para anggota dewan dikritik jika tidak melaksanakan tugasnya dengan baik.

“Silahkan saja. Ini untuk kebaikan lembaga ini dan tanggung jawab kepada masyarakat,” pungkasnya.

Author: Rein Kaminang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *