HUT RI ke-76, Pemkot Bitung dan FPIK Unsrat Kibarkan Merah Putih dari Dasar Laut

Bitung, goldennews.co.id-Setelah sekian lama, sesuai data baru tahun ini kembali kegiatan upacara bendera merayakan HUT ke 76 Proklamasi RI digelar di dasar laut kota Bitung. Perairan sekitar Kampus  Akademi Perikanan Bitung menjadi tonggak sejarah upacara yang digelar FPIK Unsrat bekerjasama dengan Pemkot Bitung, (Rabu, 18/08-2021).

Kegiatan seperti ini menurut sebuah sumber, pernah dilaksanakan dulu saat Orde Baru, dan saat ini baru kembali kegiatan prestisius ini dapat digeber. Menurut Ir Hermanto Manengkei penanggung-jawab utama kegiatan, secara teknis pengibaran bendera dari dasar laut termasuk sulit, karena semua petugas harus memiliki keahlian khusus terutamanya diving.

Belum lagi dari segi persiapan sarana dan alat yang pastinya membutuhkan  nominal dana yang cukup besar. ‘’Fakultas sering membuat kegiatan seperti ini tujuannya tentu tak sekadar gagah-gagah namun hendak menunjukan kecintaan terhadap bangsa dan negara dan tentu saja kecintaan terhadap laut beserta isinya’’ sebut dosen senior Ilmu Kelautan Unsrat itu.

Kegiatan yang dilaksanakan dengan protokol kesehatan itu, menghadirkan Insepktur Upacara Dekan FPIK Unsrat Prof Dr Ir Farnis Boneka,  MSc diikut oleh sejumlah stakeholder. Boneka mengatakan kegiatan ini bagian dari cara institusi mengapresiasi HUT ke 76 Proklamasi RI.

Dekan menambahkan pandangannya terhadap lokasi perairan tempat pelaksanaan upacara,  sebagai kawasan yang memiliki keanekaragaman hayati dan sangat bermafaat bagi kota Bitung.

 ‘’Kegiatan ini memberi makna tentang matra laut yang bukan memisahkan antar pulau tetapi laut menjadi jembatan yang menghubungkan satu pulau dengan pulau yang lain’’ kata Boneka .

Pihak Pemkot Bitung yang diwakili Asisten Dua Benny Lontoh menyampaikan sambutan singkat, ia memberi motivasi agar kegiatan seperti ini dapat terus dilakukan saban tahun, dengan semangat kebersamaan dan disiapkan lebih baik lagi.  ‘’Kegiatan upacara bendera di dalam laut merupakan bentuk lain kreatifitas dalam memaknai perayaan  HUT Proklamasi’’ sebutnya.

Lontoh ikut menyarankan agar pihak kampus dapat bersinergi dengan dinas Kelautan dan Perikanan Sulawesi Utara, karena selama ini dalam banyak hal berkait program yang ada di kota Bitung terutamanya kepentingan bidang perikanan itu selalu terkoneksi dengan dinas Kelautan dan Perikanan Sulawesi Utara.

MANTIRI ‘SELAMATKAN’ KEGIATAN

Ada yang menarik dkatakan Ir Hermanto Manengkei penanggung-jawab utama kegiatan, konsep awal kegiatan ini akan mengambil lokasi di perairan pantai kota Manado, namun rencana in buyar karena kondisi Manado belum memungkinkan. 

Untungnya panitia tidak kehabisan akal dan berusaha mengontak jaringan alumni yang ada di Bitung juga Minut. Dan kontak cepat terkoneksi dengan Pemkot Bitung via salah satu alumni FPIK di Bitung, Emon ‘Kex’ Mudami yang juga salah satu Staf Khusus.

Pengibaran Merah Putih dari Dasar Laut (Foto: dok FPIK)

Kex memberi konfirmasi Minggu ((15/08-2021) Walikota Bitung Ir Maurits Mantiri, MM menyetujui pelaksanaan kegiatan di kota Bitung. Maka selamatlah rencana kegiatan  yang juga merupakan rangkaian kegiatan menunjang Program Kompetisi Kampus Merdeka – PKKM Liga 1 yang diraih Program Studi Ilmu Kelautan  itu.

‘’Iya boleh dan tentu saja harus tetap ikut prokes ya’’ kata Mantiri yang juga dikenal sebagai Alumni Perikanan Unsrat itu.

Kepastian menyemangati panitia yang langsung melakukan persiapan, survei lokasi Senin (16/08) pagi, memastikan lokasi depan kampus APB menjadi tempat pelaksanaan upacara sekaligus lokasi pengibaran bendera dari dasar laut.

‘’Berterimakasih kepada Walikota Bapak  Ir Maurits Mantiri  yang telah memberi ijin pelaksaan kegiatan ini, juga kepada Direktur Politeknik Kelautan dan Perikanan Bitung yang atas semua kemudahan hingga upacara berjalan lancar’’ kata Manengkey.

Ikut hadir dalam kegiatan yang dimulai jam 09.00 wita pagi itu, Deputi Wakil Rektor Bidang Akademik Dr Gustaf Mamangkey MSc, Korprodi Dr. Medy Ompi, Dr. Wilmy Etwil Pelle, Dr. Shelovita Indri , Kepala dinas Kelautan dan Perikanan Sulawesi Utara (Sulut) Tineke Adam, Direktur Politeknik Kelautan dan Perikanan Bitung, Ketua POSI Bitung Geraldy Mantiri, Camat Aertembaga Smeldy Sumalangga, dari alumni terlihat Ais Kai, Stela Kaunang, juga ada tim POSI Sulut dan POSI Bitung, maupun pendukung kegiatan lainnya.

‘’Sebuah awal yang baik bagi pemkot Bitung, dan boleh juga dijadikan agenda tahunan dengan pola kolaborasi dengan para pihak’’ kata Deputi Wakil Rektor Bidang Akademik Dr Gustaf Mamangkey MSc di sela-sela kegiatan.(*/yuk)

Author: redaksi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.