Komisi I DPRD Sulut Tinjau Lokasi Persoalan Lahan Eks HGU PT Gunung Batu

MINAHASA, Goldennews.co.id – Menindaklanjuti aspirasi serta hasil Rapat Dengar Pendapat (RDP) bersama dengan perwakilan masyarakat penggarap lahan PT Gunung Batu Sea, Pemerintah Kabupaten Minahasa dalam hal ini Asisten I, Pemerintah Kecamatan Pineleng dan Pemerintah Desa Sea pada beberapa hari lalu atau tepatnya Selasa (15/9/2021) kemarin, Komisi I DPRD Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) melakukan kunjungan kerja dengan turun langsung meninjau lokasi persengketaan yang berlokasi di Desa Sea Jaga VII, Kecamatan Pineleng, Kabupaten Minahasa.

Kepada awak media, Ketua Komisi I Bidang Pemerintahan, Hukum dan HAM Dra. Vonny Paat mengatakan, setelah mendengarkan rapat dengar pendapat bersama Pemerintah Desa Sea, Pemerintah Kecamatan Pineleng, kuasa hukum dan yang mewakili petani penggarap, pihaknya melaksanakan kunjungan kerja di lokasi sengketa.

“Kami melaksanakan rapat dengar pendapat dengan Pemerintah Desa Sea, Pemerintah Kecamatan dan yang mewakili petani penggarap dan kuasa hukum. Setelah kami mendengarkan rapat dengar pendapat (RDP), kami melaksanakan kunjungan kerja di lokasi sengketa,” kata Paat, Jumat (17/9/2021) pagi tadi.

Legislator Dapil Minahasa-Tomohon ini menyebutkan bahwa, pihaknya mendapatkan informasi, data dari masyarakat dan akan menindaklanjuti itu lewat pertemuan rapat dengar pendapat bersama dengan pihak PT Gunung Batu.

“Kami mendapatkan informasi, data dari masyarakat, dan kami akan tindak lanjuti juga dengan pertemuan rapat dengar pendapat dengan memanggil dari pihak PT Gunung Batu pak Frans Bangkang Cs. Nanti, setelah kami lakukan pertemuan dengan pak Frans Bangkang, mengkroscek laporan masyarakat yang berbentuk pernyataan, video, maupun foto-foto, kemudian kami membuat satu rekomendasi. Rekomendasi itu nanti kami sampaikan kepada pimpinan DPRD untuk ditindaklanjuti,” sebutnya.

Politisi PDI Perjuangan ini menyampaikan, pertemuan rapat dengar pendapat bersama pihak PT Gunung Batu direncanakan akan digelar pada Senin (20/9/2021) mendatang.

“Rencana dengan pihak PT Gunung Batu, hari Senin, tapi mungkin waktunya belum dipastikan karena menyesuaikan juga dengan agenda di DPRD,” ujarnya.

Turut hadir dalam kunjungan kerja tersebut diantaranya Wakil Ketua Komisi I DPRD Sulut Herol Kaawoan, Sekretaris Mohammad Wongso, Anggota Henry Walukow, Johny Panambunan, Muslimah Mongilong, Kepala Bagian (Kabag) persidangan Sekretariat DPRD Sulut Ronny Geruh, Camat Pineleng Jonly Wua, Sekretaris Desa Sea Clif Sangian serta para petani penggarap.

Author: Tim redaksi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.