Latbakjatri TW-1 Kodim 1310/Btg, Efriandi : Seluruh Prajurit Wajib Ikut Latihan Menembak

Minut, Goldennews.co.id — Tingkatkan naluri menembak, Kodim 1310/Bitung gelar latihan menembak senjata ringan (Latbakjatri) melalui protap Program kerja TW-I TA. 2022, bertempat di Lapangan tembak Airmadidi Kel. Airmadidi Atas Kec. Airmadidi Kab. Minahasa Utara, Rabu (23/3/22).

Pada kegiatan Latbakjatri TW-I TA. 2022 Kodim 1310/Bitung, Dandim 1310/Bitung Letkol Arm Yoki Efriandi, M.Han., mengatakan, kegiatan Latbakjatri merupakan salah satu bentuk pembinaan personel di satuan Kodim 1310/Bitung.

Dengan latihan yang terprogram secara bertahap, berjenjang dan berkelanjutan setiap triwulannya diharapkan Satuan Komando Kewilayahan (Satkowil) mampu meningkatkan kemampuan menembak tepat sasaran dengan jarak tembak 100 meter untuk senjata Laras panjang menggunakan sikap tiarap dengan munisi 3 butir tembakan koreksi dan 10 butir tembakan penilaian.

“Seluruh prajurit Kodim 1310/Bitung wajib mengikuti latihan menembak,” tegas Dandim.

Dandim menambahkan latihan menembak mutlak dilakukan guna meningkatkan kemampuan, ketrampilan serta terpeliharanya naluri menembak seorang prajurit. Oleh karena itu kepada prajurit diminta terus mengasah keterampilan menembak dan menggunakan senjata secara profesional, meskipun sudah berdinas di satuan kewilayahan.

“Diharapan dengan latihan rutin kemahiran serta naluri menembak para anggota tetap terpelihara, meskipun sudah berdinas di Kodim,“ ujarnya.

Letkol Arm Yoki Efriandi, M.Han., juga menambahkan, agar dapat menembak dengan baik dan memperoleh hasil maksimal, seorang prajurit harus sering melakukan latihan, didahuli latihan dril kering tanpa amunisi yang bertujuan untuk melatih kekuatan tangan, napas, bidik dan tekan picu.

“Setiap pelaksanaan latihan menembak, masing-masing personel harus mencatat hasil perolehan nilai latihan menembak yang selanjutnya dapat dijadikan evaluasi pada latihan selanjutnya,” tandasnya.

Diketahui pelaksanaan kegiatan Latbakjatri TW-I Kodim 1310/Bitung akan dilaksanakan sampai tanggal 25 Maret 2022 dan tetap selalu mengutamakan faktor keamanan agar kegiatan latihan menembak tersebut tetap berjalan sesuai Protap Garlat dari penyelenggara Staf Operasi Kodim 1310/Bitung, sehingga pelaksanaan kegiatan Latbakjatri berjalan dengan aman, lancar dan tertib. (**/Fransisca Salu)

Author: Tim redaksi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.