Diduga Lakukan Reklamasi Ilegal, Ketua Komisi II Tegaskan Akan Memanggil Pihak PT BMW

Goldennews.co.id, Minut — Diduga lakukan reklamasi ilegal Ketua Komisi II DPRD Minut Stendy Rondonuwu menegaskan akan memanggil pihak PT Bhinneka Mancawisata (BMW).

Dugaan reklamasi ilegal yang dilakukan PT. BMW telah merusak dan menghancurkan mangrove untuk pembangunan Hotel berbintang, seperti temuan Komisi II DPRD Minut di lapangan. Desa Paputungan Kecamatan Likupang Barat.

Menurut Ketua Komisi II DPRD Stendy Rondonuwu, PT BMW yang menjadi pengelola proyek pendirian hotel berbintang tersebut bertanggung jawab atas kerusakan mangrove yang ditimbulkan.

“Dari temuan di lapangan, pihak PT BMW tidak mampu menunjukkan izin reklamasi. Itu berarti sudah terjadi ketidakpatuhan terhadap Undang-Undang Nomor 32/2009 yang mengatur perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup,” tutur Stendy, Kamis 9 Mei 2022.

Ditambahkan Stendy Rondonuwu, akan melakukan koordinasi ke Kementerian Lingkungan Hidup dan Kementerian Investasi. Jika ada pelanggaran kami meminta pembangunan dievaluasi.

“Jika ada pelanggaran itu sudah melawan hukum. Kita mendukung investasi yang ada di Minut, namun tidak mungkin kita mengabaikan masalah lain yang tak kalah penting,” tegas Stendy.

Dari temuan Komisi II DPRD tersebut, pihak PT BMW malah menyalahkan abrasi pantai sehingga kerusakan tidak semuanya diakibatkan aktivitas proyek.

(**/Fransisca Salu)

Author: Tim redaksi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.