Panen Kayu Jati di Kebun Milik Sendiri, Surya Dipolisikan Pihak PT BMW

Goldennews.co.id, Minahasa Utara — Surya Bawole (40) warga Desa Paputungan, Kecamatan Likupang Barat, Kabupaten Minahasa Utara (Minut) dilaporkan pihak PT. Bhineka Manca Wisata (BMW) ke Polres Minut terkait pencurian kayu jati miliknya di Desa Tanah Putih yang diklaim adalah milik perusahaan.

Laporan atas dirinya saat ini sudah masuk pada tahap penetapan tersangka membuatnya geram. Bagaimana tidak lahan yang diklaim oleh perusahaan dalam hal ini PT BMW jelas tidak mendasar, pasalnya lokasi atau tanah yang diklaim tersebut jelas adalah milik mereka sejak dahulu, hal ini berdasarkan atas bukti Surat Keterangan Tanah (SKT) yang mana tanah tersebut sah milik mereka.

Menurut surya, awal mula permasalahan muncul saat medio tahun 90 an dimana pihak perusahaan dalam hal ini PT BMW ingin membayar tanah tersebut kepada ibu dari surya Bawole, namun sampai detik ini proses pembayaran tidak pernah terjadi.

Singkatnya beberapa saat yang lalu pihak perusahaan main klaim, mereka sempat melakukan kegiatan penggalian di lokasi tersebut tetapi di usir pihak kepolisian dari Polsek Likupang atas aduan penyerobotan dari Surya. Kemudian pada tanggal 7 Mei yang lalu saat Surya melakukan penebangan pohon jati yang pada dasarnya pohon tersebut ditanam oleh Surya, pihak PT BMW keberatan dan langsung melaporkan ke pihak berwajib. Dari situlah muncul pertanyaan dari keluarga Surya apa maksud dari PT BMW ini.

“Ini kan Aneh Bin Ajaib, jelas-jelas tanah ini milik kami, punya surat-surat ,begitupun dengan pohon kayu jati, saya yang tanam, kok bisa-bisanya saya dilaporkan ke Polisi dan sudah ditetapkan tersangka, hukum di negara ini bagaimana, saya binggung. Jagan mentang-mentang pihak BMW punya duit, jadi seenaknya menindas kami,“ Ketus Surya.

Lebih lanjut Surya mengatakan, kami pihak keluarga menuntut keadilan, Pihak PT BMW sebagai perusahaan besar yang membangun Hotel Bintang 5 di Desa Paputungan jangan semena-mena main klaim tanah orang.

“sebagai warga negara yang taat akan hukum menuntut diperlakukan seadil-adilnya, kami akan menempuh jalur hukum sebagai tindakan pembelaan atas hak kami” tutup Surya.

(**/Fransisca Salu)

Author: Tim redaksi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.