Polemik Portal Masuk Berbayar, Pedagang dan Ojek Diberlakukan Khusus

Manado – Menyikapi adanya sikap protes sejumlah pihak terkait pemberlakuan portal masuk berbayar ke kawasan Pasar Bersehati, termasuk besaran retribusi parkir, Komunitas Pers Manado (KPM) menggelar diskusi publik dengan penghadirkan Direktur Utama (Dirut) PD Pasar Kota Manado, Ferry Keintjem, Jumat (12/10/18).

Bertempat di salah satu rumah kopi di kawasan Ring Road, Keintjem menjelaskan beberapa alasan yang melatarbelakangi sehingga pihaknya mengambil kebijakan untuk pemberlakuan portal masuk berbayar di Pasar Bersehati.

“Ini merupakan masukan dan aspirasi dari sejumlah kalangan untuk mencapai beberapa tujuan yang diantaranya mencegah pungli, meningkatkan keamanan kendaraan milik pedagang dan pengunjung, mencegah pemanfaatan pasar sebagai tempat tinggal serta menambah pendapatan,” ungkap Keintjem.

Lanjut ditegaskannya, kebijakan itu didasari oleh Peraturan Daerah (Perda) tentang pengelolaan pasar yang di kelola langsung oleh Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) dalam hal ini PD Pasar Kota Manado.

“Dalam Perda nomor 1 Tahun 2013 itu diatur termasuk bea parkir. Karena terkait pengelolaan kawasan serta aset pasar tradisional menjadi wewenang PD Pasar. Regulasi itu menjadi payung hukum atas kebijakan kami,” kata Keintjem.

Disinggung soal keberpihakan PD Pasar kepada pedagang terkait pengoperasian portal masuk berbayar, Keintjem akan berkoordinasi dengan para pihak terkait.

“Kami sudah mempersiapkan pemberlakuan khusus. Bukan hanya untuk pedagang, tapi juga bagi tukang ojek yang berjumlah 120 orang. Sebelum pemberlakuan khusus dilakukan, kami akan bertatap muka dulu dengan mereka untuk menerima aspirasi atau pendapat,” ujarnya.

Keintjem pun memastikan, uji coba terhadap portal masuk berbayar itu dilakukan paling lama sebulan sejak di mulai pada 9 Oktober 2018 lalu dan pengelolaan perparkiran akan dikelola secara profesional.

“Setelah itu sudah bukan lagi uji coba. Karena kami akan mengevaluasi sistemnya. Dan juga, selama masa uji coba ini, pendapat dan masukkan terkait pemberlakuan portal itu akan menjadi bahan evaluasi kami. Diinformasikan juga, sistem pembayarannya dilakukan sekali setelah hendak meninggalkan portal keluar. ¬†Kedepannya juga akan ada tim khusus untuk menjaga tempat parkir. Bagi yang kehilangan tiket masuk, wajib menunjukkan surat kepemilikan kendaraan,” tegasnya. (LeKa)

Kebijakan baru atas besaran retribusi parkir di kawasan Pasar Bersehati:

Sepeda Motor:

0-120 menit (2jam) Rp. 3000

120-180 menit (2-3jam) Rp. 4000

180-240 menit (3-4jam) Rp. 5000

240-300 menit (4-5jam) Rp. 6000

Melebihi 5jam Rp. 25.000

Mobil:

0-120 menit (2jam) Rp. 5000

120-180 menit (2-3jam) Rp. 6000

180-240 menit (3-4jam) Rp. 8000

Melebihi 5jam Rp. 50.000

Author: redaksi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.