Gandeng BNPT, Dinas Kominfo Sulut Gelar Lomba Digital for Peace

MANADO-Pelatihan dan pelantikan puluhan anak muda Sulut sebagai duta damai dunia maya oleh Badan Nasional Penanggulangan Teroris (BNPT) disokong penuh Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulut. Keberadaan kurang lebih 60 anak muda yang baru dilantik itu menurut Kadiskominfo Sulut, Dr Jetty Pulu akan semakin menambah kekuatan duta damai dalam menyebarkan konten-konten positif dan perdamaian di dunia maya.

“Pelatihan tersebut sejalan dengan upaya Gubernur Sulut Olly Dondokambey dan Wakil Gubernur Sulut Steven Kandouw yang tak henti mengajak semua elemen bersatu melawan terorisme dan radikalisme,” kata Jetty kepada wartawan saat penutupan pelatihan di Mercure Hotel Tateli, Kamis (15/11/208).

Birokrat asal Talaud ini pun langsung menindaklanjuti upaya BNPT itu dengan menggelar lomba digital for peace. Lomba ini terdiri dari menulis, membuat poster dan pesan-pesan lewat video serta melihat kreatifitas para peserta yang akan melibatkan anak-anak muda duta damai dunia maya, sebagai pelapor kegiatan tersebut.

“Setelah diskusi dengan Deputi Bidang Pencegahan, Perlindungan, dan Deradikalisasi BNPT Mayjen TNI Hendri Paruhuman Lubis terbersit ide untuk menggelar lomba digital for peace. Pemprov Sulut akan bersinergi dengan BNPT untuk kegiatan ini,” ujarnya.

Ia menjadwalkan pelaksanaan lomba pada akhir November ini di ruangan Mapalus Kantor Gubernur Sulut. “Peserta lomba nantinya dari unsur seniman, Kodam, Babinkamtibmas sampai anak-anak muda serta para duta damai,” ucapnya.

Selain menggelar lomba, Kominfo Sulut juga akan membentuk duta damai. “Para duta damai akan diberdayakan juga untuk turun ke kelompok informasi masyarakat ke daerah-daerah lakukan pelatihan kepada kelompok termasuk ke sekolah-sekolah,” ujarnya.

Jetty menegaskan jika  Kominfo akan menjadi perpanjangan tangan Gubernur dalam menciptakan menciptakan perdamaian di dunia maya dan terus memerangi hoax.” Bakal sangat berbahaya apabila pengetahuan dan informasi di dunia maya banyak disesaki dengan konten negatif, hoax, fitnah, adu domba dan ajakan kekerasan. Kita harus memerangi itu dan terus menyebarkan virus perdamaian,” kata Jetty lagi. (*/ymn)   

Author: redaksi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.