Pembangunan 10 Rusun ditepi DAS Tondano masih terkendala

Manado – Pemerintah telah melakukan pemetaan wilayah di Kota Manado dan hasilnya terdapat 27 wilayah kumuh yang tersebar di 25 Kelurahan.

“Untuk penanganannya pemerintah melakukannya secara komperensif. Dan saat ini ada anggaran dari pemerintah pusat untuk wilayah kumuh, khususnya di kawasan tepi DAS Tondano. Ada 15 miliar untuk pembangunan 10 Rusun (Rumah Susun),” kata Kepala Dinas Perumahan dan Pemukiman Kota Manado, Deysi Lumowa.

Lebih lanjut dijelaskannya, anggaran 15 miliar yang bersumber dari APBN melalui Kementerian PUPR untuk pembangunan Rusun, agar penataan wilayah kumuh tersebut tidak akan memberikan dampak negatif terhadap masyarakat.

“Kami akan melaksanakan konsolidasi lahan agar masyarakat tidak tergusur. Kami berupaya agar masyarakat tidak direlokasi ke tempat yang jauh dari tempat kerja mereka. Saat ini Kementerian PUPR sedang menunggu penyelesaian pembebasan lahan untuk dikucurkam dana 15 miliar itu agar pembagunan rusun sudah dapat segera dibangun. Tapi kami terkendala dengan pembebasan lahan,” ujar Lumowa. (LeKa)

Author: redaksi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.