All-Out di DPR RI, Jerry Sambuaga Jadi Kebanggaan Sulut

JAKARTAJerry Sambuaga, satu dari enam wakil Sulawesi Utara (Sulut) di DPR RI menyita perhatian banyak kalangan. Cerdas dan berwawasan luas dipadukan dengan berkomunikasi serta membina jejaring sangat baik membuat ia selalu dibutuhkan.

Dalam rapat atau hearing dengan mitra terkait di DPR RI, Politisi muda bergelar doktor selalu kritis. Jerry juga all-out berjuang untuk daerah pemilihannya (Dapil), Sulut.

Putra mantan Menteri Tenaga Kerja dan Menteri Perumahan Rakyat Theo Sambuaga ini tak jarang bekerja lintas komisi demi memperjuangkan aspirasi warga Nyiur Melambai. Ia memanfaatkan jaringannya untuk kepentingan konstituennya.

Jerry Sambuaga (kedua dari kiri) dalam acara Satu Meja The Forum di Kompas TV ((foto: tim js dok)

Pembahasan RUU Pesantren dan Pendidikan Agama misalnya, personil Komisi I DPR RI terpaksa menghubungi semua rekannya agar pasal yang mengatur ibadah sekolah minggu dan katekisasi dihapus. “Dia sadar akan tugasnya. Jerry all-out berjuang demi konstituennya, demi masyarakat Sulut,” kata Patria Pombengi, aktivis  Sulut kepada wartawan di Manado, Rabu (9/1/2019).

Jerry juga kerap tampil di sejumlah tivi nasional. Pun ia sering diundang sebagai pembicara dalam forum nasional dan internasional, baik dalam kapasitasnya sebagai anggota DPR RI,  maupun selaku wakil Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma’ruf atau utusan DPP Partai Golkar.

Ketua Umum DPP Golkar, Airlangga Hartarto mengapresiasi peran dan kiprah Jerry tersebut. Menteri Perindustrian itu menyebut Jerry sebagai anak muda yang mau belajar dan rajin mengupgrade diri.

“Jerry Sambuaga sosok anak muda yang tak jemu belajar. Dia mau mengupgrade diri dan membuka diri dengan siapa saja. Makanya dia pantas diandalkan dalam rapat-rapat penting atau pertemuan lainnya. Itu karena dia mau mengupgrade diri dan mau membuka diri dengan siapa saja,” kata Airlangga kepada indoBRITA Group dalam satu kesempatan di Jakarta.

Jerry memang layak jadi tumpuan partai dan konsituenya. Selain piawai berdebat, pria yang sebelumnya jadi staf pengajar di Universitas Indonesia, Universitas Pelita Harapan dan Universitas Sam Ratulangi ini juga cakap berkomunikasi.

Ia kaya ide, terlatih dalam berdebat. Gagasannya mudah dicerna. Satu lagi, Jerry selalu berargumen disertai data dan fakta.

Pengamat politik dan ekonomi Jack Sumerar menilai Jerry menonjol karena kemampuannya di atas rata-rata.

“Pengetahuannya luas dan sikapnya rendah hati. Jerry juga santun dan sangat menghargai orang,”ucap Jack.

Menurut Jack, Suara Sulut dan Kawasan Timur Indonesia (KTI) makin diperhitungkan karena keberadaan Jerry Sambuaga di Senayan. “Dia kebanggaan Sulut dan KTI. Jerry sering menitip aspirasi warga Sulut dan KTI setiap tampil di tivi nasional dan saat hadir pada pertemuan-pertemuan penting, terutama dalam hearing dengan mitra terkait di DPR RI,” ujar Jack. (*/ymn)

 

Author: redaksi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.