DPRD Manado ingatkan pemerintah seriusi masalah sampah

Manado – Berdasarkan hasil survey dalam penilaian adipura 2018, Manado dikategorikan sebagai salah satu Kota terkotor bersama 9 Kota lainnya oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK).

Menanggapi itu, berbagai komentar serta ulasan diberikan oleh pihak eksekutif, pengamat politik dan pemerintahan, serta lembaga legislatif dalam hal ini anggota DPRD Kota Manado.

“Jika Kota Manado mendapatkan predikat Kota terkotor yang dikeluarkan oleh KHLK bersama beberapa kota lain, tentu itu sudah dilakulan penilaian terlebih dahulu seperti penilaian adipura. Indikator-indikatornya pun seperti yang sudah kita ketahui bersama,” terang anggota Komisi III DPRD Manado, Victor Polii, Selasa (15/1/2019).

Dirinya menjelaskan, Manado mendapatkan predikat tersebut karena tidak lepas dari peran dan penugasan dari instansi-instansi terkait dibidangnya.

“Ini kembali lagi kepada pihak pemerintah dalam hal ini SKPD terkait, apakah dia kepala dinas atau pejabat lainnya. Sebab ini merupakan satu teguran yang sangat luar biasa karena waktu yang lalu kita juga pernah mendapatkan gelar adipura sebagi kota terbersih,” tutur Polii.

Untuk itu, ketua Badan Kehormatan (BK) DPRD Manado ini menghimbau agar Pemkot harus lebih jeli melihat situasi seperti ini dan harus lebih awas dalam menetapkan kepala-kepala SKPD yang berkompeten.

“Sebagai anggota DPRD saya menghimbau kepada dinas-dinas terkait agar lebih proaktif dalam melakukan tugasnya agar predikat seperti ini tidak boleh terulang lagi. Karena ini sangat memalukan sebagai kota pariwisata tapi termasuk kedalam 10 kota terkotor se Indonesia,” katanya.

Diketahui, dalam pengumuman yang dikeluarkan KHLK, Kota Manado bersama Bandar Lampung, Kota Medan, Kota Sorong, Kota Kupang, dan Palu dinobatkan sebagai kota besar terkotor. Sementara untuk kota kecil, ada Wakabubak (Sumba Barat), Waisai (Raja Ampat), Ruteng (Manggarai, NTT), Buol (Sulawesi Tengah), dan Bajawa (Ngada, NTT). (LeKa)

Author: redaksi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.