Kalonio: Program Pemkot  Manado disusun Demokrat, Disetujui Lintas Partai

Manado – Sejumlah program Pemerintah Kota (Pemkot) Manado berupa bantuan peningkatan kesejahteraan masyarakat diduga dimanfaatkan pihak tertentu dalam rangka kepentingan politik di Bulan April 2019 mendatang.

Sebelumnya, pembagian bantuan bagi masyarakat Lanjut Usia (Lansia) dari Pemkot Manado diduga disusupi Calon Legislatif (Caleg) dari partai tertentu.

Kini, data penerima bantuan subsidi iuran kepesertaan BPJS dengan kategori kelas 3 sebanyak kurang lebih 120 ribu masyarakat Kota Manado kembali menjadi persoalan.

Pasalnya, data penerimaan bantuan yang saat ini dikantongi Dinas Sosial (Dinsos) dipertanyakan sejumlah anggota DPRD Kota Manado. Salah satunya, Michael Kalonio perwakilan Fraksi Demokrat.

Diungkapkan Kalonio, dirinya sangat menyesalkan bila ada pihak-pihak yang memanfaatkan program pemerintah demi kepentingan politik pribadi atau partai tertentu.

“Saya harus membuka ingatan kembali masyarakat Kota Manado bahwa, pada Pilkada lalu, Pak Wali Kota Vicky Lumentut dan Wakil Wali Kota Mor Bastiaan diusung oleh Partai Demokrat. Jadi, visi dan misi keduanya yang kini telah tertuang dalam RPJMD Kota Manado ikut disusun oleh Demokrat dan disetujui lembaga dewan yang anggotanya dari berbagai partai politik. Dengan kata lain, program Pemkot Manado saat ini bukan milik partai tertentu. Kalau tidak disetujui anggarannya oleh lembega dewan, apakah program ini akan berjalan?,” kata tokoh muda Suku Bantik ini.

Meski begitu, ia pun yakin bahwa program program Pemkot Manado saat ini tidak ditujukan hanya untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat pendukung partai tertentu.

“Saya kira masyarakat tidak mudah dibujuk rayu dan sudah sangat cerdas dalam menilai perkembangan politik saat ini,” ungkapnya.

Kalonio pun mengusulkan, sebaiknya program Pemkot Manadonyang bersifat bantuan ditunda realisasinya agar tidak dimanfaatkan pihak atau oknum tertentu.

“Sebaiknya program penyaluran bantuan dilaksanakan setelah Pemilu berlangsung. Kan tetap disalurkan tahun ini juga. Langkah ini untuk menghindari dugaan atau tudingan negatif terhadap Pemkot Manado,” imbaunya. (LeKa)

Author: redaksi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.