Berjuang supaya Pasal yang Mengatur Sekolah Minggu dan Katekisasi Dihapus, Jerry Sambuaga Disupport Warga Langowan

LANGOWAN-Anggota DPR RI Jerry Sambuaga adalah legislator Senayan yang paling getol menyuarakan pencabutan Pasal 69 dan 70 yang mengatur perlunya izin untuk sekolah minggu dan katekisasi pada RUU Pesantren dan Pendidikan Agama. Saat baru mau dibahas lalu, Jerry yang pertama melayangkan keberatannya.

“Dua pasal itu saya anggap tidak tepat. RUU ini tidak memahami konsep pendidikan keagamaan Kristen,” kata satu dari enam wakil Sulut di Senayan ini saat itu.

Menurut dia, kegiatan sekolah minggu dan katekisasi adalah proses interaksi edukatif yang dilakukan oleh gereja-gereja di Indonesia. “Kegiatan ini masuk dalam kategori pelayanan ibadah bagi anak-anak dan remaja. Apa jadinya kalau untuk beribadah harus meminta izin terlebih dahulu,” ucapnya.

Jilly, salah satu warga Langowan yang mendukung perjuangan Jerry Sambuaga di Senayan (foto: cici)

Menariknya kurang lebih tiga jam setelah putra mantan Menteri Tenaga Kerja dan Menteri Perumahan Rakyat tersebut menyampaikan pendapatnya tersebut, Presiden Jokowi dan Wakil Presiden Jusuf Kalla kemudian memberikan statemennya. Keduanya setuju agar dua pasal itu dipertimbangkan lagi.

“Kalau itu diatur oleh pemerintah kan susah amat itu karena begitu banyaknya TPA, begitu banyaknya sekolah minggu. Kalau mau diatur kan sulit,” kata Jusuf Kalla seperti dilansir Tempo, Selasa (30/10/2018) lalu.

Perjuangan Jerry tersebut diapresiasi banyak kalangan, tak terkecuali warga Langowan. Kala mantan staf khusus Ketua DPD RI ini hadir untuk ikut merayakan hari ulang tahun (HUT) Desa Sumarayar, Sabtu (2/2/2019), ratusan warga datang menyampaikan dukungannya atas perjuangan untuk menghapus dua pasal tersebut.

“Kami tahu Pak Jerry Sambuaga adalah anggota DPR RI pertana yang menyampaikan keberatannya. Kami bangga punya wakil rakyat seperti Pak Jerry di Senayan. RUU itu memang meresahkan kami,” kata Vanessa, warga Sumarayar.

Warga berharap Ketua Bappilu Golkar Sulut dan Gorontali itu terus berjuang di Senayan. “Kami akan selalu bersama Pak Jerry Sambuaga. RUU Pendidikan Agama masih dalam proses, kami topang perjuangan Pak Jerry,” ujar Onal Kaligis.

Secara khusus warga menyampaikan terima kasihnya karena politisi yang pernah menjadi researcher politik Indonesia untuk PBB itu mau meluangkan waktu datang merayakan HUT Desa Sumarayar ke-131. “Ini pertama kalinya anggota DPR RI datang dan menyerap aspirasi warga Sumarayar.Warrga pun menyamppaikan sejumlah aspirasi. Saya juga secara pribadi bertukar pikiran mengenai beberapa hal dalam pembangunan,”  ungkap Ketua Meimo Mapalus Langowan, Yermia Mumu atau YM5.

Tokoh muda Langowan ini menyampaikan terima kasih atas kehadirannya. “Pak Jerry masih muda, tapi pengetahuannya sangat luas. Orangnya juga baik. Terima kasih mau mampir dan bertatap muka dengan warga Sumarayar,” kata Yermia lagi.(*/ymn)

Author: redaksi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.