Sembilan HP Diamankan Tim Sidak Rutan Manado

MANADO-Hari Libur Imlek  yang jatuh pada Selasa (5/2/2019) tidak membuat Tim Satuan Tugas Keamanan  dan Ketertiban  (Satgas Kamtib)  Rutan Manado ikut-ikutkan  libur.  Dipimpin langsung  oleh Kepala Satuan Keamanan Rutan,  Sonny Abram Gumansalangi,  Tim Satgas Kamtib  yang berjumlah delapan personil melakukan Sidak  di Blok Melati, dimana  penghuninya dominan warga binaan kasus Narkoba.

Sonny Gumansangi bersama Tim Sidak dan barang bukti (fto: pscl)

Aksi mengejutkan usai apel malam itu berhasil menyita  sembilan handphone dari berbagai jenis,  cards,  gunting, headset,  senduk, garpu, cukur kumis, kartu remi dan gaplek serta barang terlarang lainnya yang  haram beredar dalam blok hunian.  Khusus handphone,  diantaranya jenis Android langsung dihancurkan setelah dilakukan Berita Acara Pemeriksaan (BAP).

Dalam Pelaksanaan Sidak Imlek tersebut, Tim Satgas dari KPR menurunkan personil lengkap, Erwin Jofanly Wungow, Ricko Wendur, Joe Evert Sinaulan, Meliko Pangemanan, Leornard Lakada, Efan Rumimpunu, dibekap dua staf dari Pelayanan Tahanan (Pelta), Anang Wijoyono Poetra  dan Muzakkir Abdullah.

Terapi kejut tersebut,  menurut Sonny Gumansalangi yang sementara  dipercayakan menjadi Pelaksana Harian  Ka Rutan Manado itu  sebagai langkah-langkah  progresif menindaklanjuti instruksi  langsung Dirjen Pemasyarakatan untuk serius dalam  upaya pemberantasan  Narkoba di Rutan/Lapas dan Lembaga Pembinaan Khusus Anak di seluruh Indonesia. ‘’Target utama  kami adalah memutus peredaran Narkoba,’’  tegas pria asal Talaud itu lagi.

Perintah Dirjen Pas, juga setelah mencermati beberapa kejadian  di Rutan/Lapas  dan  Lembaga Pembinaan Khusus Anak  masih adanya peredaran  gelap  Narkoba  yang ditenggarai  dikendalikan oleh tahanan/narapidana/anak  melalui  penggunaan hanphone  (HP) di dalam Rutan. (*/ymn)

Author: redaksi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.