Cepat dan Bebas Pungli, Samsat Minahasa Berikan Pelayanan Prima

Tondano – Suasana pelayanan di Kantor samsat Tondano Minahasa, tampak tak terlalu ramai pada Kamis (7/02/2017).Dari pantauan awak media, tak terlihat antrian panjang warga di kursi tunggu di ruang pelayanan. Mengapa demikian?

Karena dalam pelaksanaan tugas di Samsat Tondano Minahasa kepada warga masyarakat, Kanit Regident Iptu Ayon Suparyono memberikan pelayanan prima untuk suluruh warga yang akan melakukan pengurusan kendaraan bermotor.

Dengan demikian pihaknya pempersatukan anggotanya untuk memberikan pelayanan cepat tidak kurang dari
sepuluh menit proses kendaraan bermotor selesai, sebagai mana simbol Kepolisian Pengayom, Pelindung dan Pelayan Masyarakat.

Pola pelayanan yang prima yang di terapkan tersebut, tak ada lagi terlihat antrian di loket-loket. Sehingga warga juga antusias melakukan pengurusan kelengkapan surat-surat kendaraannya, pelanggaran berlalu lintas pun di daerah ini terbilang kecil, sehinga tingkat kecelakaan lalu lintas pun menurun.

Kanit Regident Iptu Ayon Suparyono kepada wartawan di ruang kerjanya mengatakan, dengan memberikan pelayanan prima kepada masyarakat dalam melakukan kepengurusan surat-surat kendaraan bermotor, adalah tolak ukur mengurangi tingkat pelanggaran berlalu lintas di daerah ini.

Dengan demikian tentunya tingkat kecelakaan lalu lintas pun menurun. “Karena pemicu tingginya angka kecelakaan lalu lintas, adalah awal dari pelangaran berlalu lintas,” ungkapnya.

Menurutnya, kepengurusan surat-surat kendaraan, pihaknya berupaya menjadikan pelayanan Samsat Minahasa sebagai percontohan tanpa pungli dan calo demi mewujudkan Pelayanan SAMSAT Clean, Efektif, Profesional, Akuntabel, dan Transparan kepada masyarakat.

“Jadi jika ada calo yang minta pungli di harapkan masyarakat melapor karena sekarang jamannya Reformasi Birokrasi katanya urusan pelayanan sekarang sudah transparans, terangnya.

Bagi yang mau bayar pajak kendaraan roda dua (Sepeda motor) dan Kendaraan kecil (Mobil) plat hitam bisa menggunakan layanan samsat keliling untuk lebih mempermudah jangkauan masyarakat.

“Untuk waktu pembayaran pajak kenderaan bermotor, iuran sumbangan wajib dana kecelakaan  Lalulintas Jalan dan Pengesahan STNK, jika berkas lengkap waktu Pelayanan  paling lambat 10 menit saja,” tutupnya (cic)

Author: redaksi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.