DPRD Manado ingatkan Diknas awasi praktek Pungli

Manado – Ketua DPRD Kota Manado, Noortje Van Bone mengingatkan Dinas Pendidikan Nasional (Diknas) untuk lebih tanggap dalam memerangi praktek dugaan pungutan liar (Pungli) di lingkungan sekolah.

Pernyataan Noortje ini merujuk adanya dugaan praktek Pungli di salah satu Sekolah Negeri Pertama (SMP) di wilayah Kecamatan Wanea terhadap setiap peserta didik.

“Apapun alasannya, tidak boleh lagi meminta uang kepada siswa. Bila terjadi, Pungli namanya. Saya harap Diknas lebih aktif dalam pengawasan dan selalu mengingatkan para guru untuk tidak memungut uang kepada siswa,” kata Noortje, Selasa (26/2/19)

Ia pun berharapm, seluruh guru yang ada di Kota Manado tidak mempersulit siswa, apalagi mewajibkan untuk memberikan uang, meski dalam jumlah yang kecil.

“Semua biaya pendidikan termasuk operasional sekolah sudah ditanggung pemerintah melalui dana BOS. Jadi, pengutan apapun terhadap siswa itu sangat dilarang. Kami berharap, pihak sekolah dapat mencegah adanya praktek Pungli di lingkungan pendidikan,” pungkasnya. (LeKa)

Author: redaksi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.