Keluar dari zona nyaman, Halim Ronal Ciakaren memberi diri untuk melayani

Manado – Untuk menjadi seorang politisi pastinya perlu mengorbankan sejumlah hal diantaranya waktu, tenaga hingga materi yang tentunya tidak sedikit.

Bahkan, dalam keseharian seorang politisi sejati lebih sering memikirkan masalah hidup orang banyak. Apalagi politisi itu merupakan wakil rakyat di parlemen.

Hal itulah yang kini dilakukan pria bernama lengkap Halim Ronal Ciakaren, seorang dokter ahli penyakit dalam. Ia rela keluar dari zona nyaman untuk memberi diri mengabdi kepada masyarakat Kota Manado.

Dokter Ronal, sapaan akrab pria kelahiran 17 Februari 1983 itu mengkisahkan alasannya mencalonkan diri sebagai Calon Legislatif (Caleg) DPRD Kota Manado daerah pemilihan Singkil-Mapanget dari Partai Demokrat.

“Semenjak menjadi dokter dan melayani warga, saya sering berdialog dengan pasien. Mereka kerab mengeluhkan sarana prasarana untuk memperoleh pelayanan kesehatan dan pendidikan yang layak,” tutur Dokter Roland.

Seringnya berdiskusi dengan pasien, membuat dia tersentuh dan mulai berpikir bagaimana caranya mencarikan solusi atas kesulitan para pasiennya yang merupakan warga Kota Manado berlatar belakangkan ekonomi menengah kebawah yang kebanyakan bermukim di Kecamatan Singkil dan Mapanget.

“Saya pikir, dengan masuk ke sistem pemerintahan dapat mengubah keadaan yang di hadapi masyarakat. Jadi saya membulatkan tekat untuk menjadi wakil rakyat,“ tutur pemilik RS Manado Medical Center (MMC) di Paldua itu.

Menurut dokter muda lulusan salah satu universitas ternama di Dafao Filipina ini, kesehatan dan pendidikan merupakan modal utama dalam menjalankan roda kehidupan.

“Jika sehat dan pintar, pasti akan mendapatkan kehidupan yang mapan. Bila sehat dan mengenyam pendidikan akan mudah mendapat pekerjaan untuk membiayai hidup. Kedua hal ini sangat penting bagi kehidupan setiap manusia. Bila dipercaya untuk duduk sebagai wakil rakyat, saya ingin mengabdikan diri di komisi yang membidangi pendidikan dan kesehatan,” ujarnya.

Ketika ditanya alasannya memilih Partai Demokrat, Dokter Ronal pun menyebut satu nama yang telah memberi kesempatan baginya untuk mengikuti kontestasi Pemilihan Legislatif (Pileg) 17 April 2019 mendatang.

“Saya dikenalkan seorang teman dengan ibu Nortje Van Bone yang adalah ketua Partai Demokrat Kota Manado. Setelah saya menyampaikan maksud dan tujuan saya maju sebagai Caleg, ibu Nortje langsung mendukung tekat saya ini. Pada dasarnya, hidup ini harus juga melayani orang lain,” pungkasnya. (LeKa)

Author: redaksi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.