Golkar endus intervensi Caleg terhadap penyelenggara Pileg

Manado – Sekretaris Fraksi Golkar di DPRD Kota Manado, Sony Lela mengendus adanya praktek tidak terpuji yang dilakukan sejumlah oknum Calon Legislatif (Caleg) demi meraup suara sebanyak-banyaknya pada Pemilihan Legislatif (Pileg) 17 April mendatang.

Sony mensinyalir adanya intervensi terhadap penyelenggara Pileg dan pemerintah yang datang dari sejumlah oknum Caleg terkait penentuan lokasi Tempat Pemungutan Suara (TPS).

“Awas, para Caleg telah bergentayangan mendikte PPS, KPPS, Pala, Lurah agar membuat TPS di halaman rumah milik Caleg itu sendiri atau keluarga, sahabat, pengurus atau simpatisan partai pengusung Caleg itu. Tujuannya tidak lain merih suara dengan curang,” kata Sony.

Akan hal itu, Sekretaris Komisi IV DPRD Kota Manado ini meminta KPU dan Bawaslu menerbitkan juknis atau peraturan pelarangan pembuatan TPS di tempat milik warga yang beraviliasi terhadap partai atau Caleg tertentu.

“KPU, Bawaslu dan aparat hukum harus segera mengeluarkan surat larangan membuat TPS di halaman milik warga yang memiliki hubungan tertentu dengan Caleg. Surat itu kemudian disebar-luaskan ke KPPS dan pemerintah kelurahan agar tidak ada kecurangan saat Pileg,” imbaunya.

Ia pun mengajak seluruh elemen masyarakat untuk mengawal pelaksanaan Pileg berjalan tanpa intrik politik curang.

“Saya mengajak LSM, tim pemantau, tokoh masyarakat, pemuka agama, untuk sama-sama membantu terlaksananya Pileg secara bersih, jujur, aman dan damai,” ajak Sony. (LeKa)

Author: redaksi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.